Tiga Alasan Masak Lebih Baik dengan Wajan Baja

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 02 Januari 2012 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 02 304 550609 ApKrxQ3Wh9.jpg Wajan atau Cast Iron (Foto:Cooking)

MEMASAK menggunakan wajan berbahan baja hitam alias cast iron mungkin terkesan kuno. Namun, dengan cara inilah Anda akan mendapatkan manfaat di kemudian hari.

Selain membuat makanan Anda enak dikonsumsi, wajan baja hitam juga menjaga makanan tetap baik. Berikut tiga alasan memasak lebih baik menggunakan wajan baja hitam, seperti dilansir eatingwell, Senin (2/1/2012):

Anda bisa memasak dengan sedikit minyak

Bila menggunakan wajan yang terbuat dari baja, maka hampir sebagian besar makanan yang Anda buat tidak lengket meskipun hanya menggunakan sedikit minyak. Dalam mengolah ayam atau bahan makanan lainnya, Anda tidak harus menggunakan minyak banyak. Sementara bila Anda ingin mengolah ayam bakar, Anda bisa menaruh ayam langsung di wajan.

Untuk olahan berkuah pun, Anda bisa menggunakan wajan baja ini. Bahkan dalam proses pembersihan usai dipakai, Anda tidak perlu memakai sabut, cukup menggosok wajan Anda dengan sikat yang lembut lalu berikan siram dengan panas agar kotorannya luruh.

Bebas bahan kimia

Manfaat lain bila Anda menggunakan wajan baja hitam, Anda bisa terhindar dari bahan kimia. Terlebih saat makan, makanan yang diolah dengan wajan baja hitam tidak akan teridentifikasi dengan bahan kimia. Seperti diketahui, bahan kimia bisa merusak hati, menyebabkan kanker, serta monopouse dini.

Memasak dengan Wajan baja hitam bisa Menambah kadar Zat besi

Ada satu hal yang baik dimiliki oleh wajan baja hitam ini. Wajan ini tidak memberikan zat kimia bagi tubuh, tapi justru tambahan zat besi ke dalam makanan yang Anda olah seperti saus tomat. Apalagi kini, wanita khsusunya kekurangan zat besi. Jadi dengan cara inilah, Anda bisa menambah zat besi untuk tubuh.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini