Pilih-Pilih Buah & Sayur yang Segar

Gustia Martha Putri, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2012 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 05 483 552296 qN9uBgNpTy.jpg Memilih buah dan sayur segar (Foto: Corbis)

ADAKAH menjalankan hidup lebih sehat tertera dalam daftar resolusi 2012 Anda? Jangan sampai hal tersebut terlupakan karena kesehatan sesungguhnya anugerah yang patut disyukuri dengan cara dijaga dengan baik.
 

Menjadikan hidup lebih sehat itu tidak sulit, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah memerbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari. Mengapa demikian? Karena buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, serta mengandung serat yang tinggi.

 

Buah dan sayur pun mengandung beragam jenis vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, yakni vitamin A, D, E, K, C, B, dan B12. Vitamin A untuk pemeliharan kesehatan mata, vitamin D untuk kesehatan tulang, vitamin E untuk kesuburan dan awet muda, vitamin K untuk pembekuan darah, vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, vitamin B untuk mencegah penyakit beri-beri, dan vitamin B12 untuk meningkatkan nafsu makan.

 

Sangat menarik, bukan? Sebelum bergegas mengonsumsinya, Anda tentu perlu cermat memilih buah dan sayur yang bagus nan segar agar manfaat yang terkandung didapatkan secara maksimal.

 

Berikut cara memilih buah dan sayur yang bagus dari Kementerian Kesehatan sebagai bentuk promosi kesehatan:

Pilih yang bebas pestisida

 

Pilihlah buah dan sayur yang bebas pestisida dan zat berbahaya lainnya. Biasanya ciri-ciri sayur dan buah yang baik ada sedikit lubang bekas dimakan ulat dan tetap segar.

 

Pilih sayur berwarna jihau tua, kuning, dan oranye

 

Semua sayur bagus untuk dimakan, terutama sayuran yang berwarna, hijau tua, kuning, dan oranye, seperti bayam, kangkung, daun katuk, wortel, kacang panjang, selada hijau, atau daun singkong.

 

Pilih buah berwarna merah dan kuning

Semua buah pun pada dasarnya sama baiknya untuk dikonsumsi. Tetapi buah berwarna merah dan kuning memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral lebih tinggi, misalnya seperti pada mangga, pepaya, jeruk, jambu biji, atau apel.

 

Agar keluarga terbiasa mengonsumsi sayur dan buah, sediakanlah sayur dan buah di rumah dengan harga yang terjangkau. Jika ada sedikit lahan kosong di pekarangan rumah, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkannya untuk menanam sayur dan buah. Jangan lupa pula, manfaatkan setiap kesempatan di rumah untuk mengingatkan tentang pentingnya makan sayur dan buah.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini