nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Cepat Langsing? Mulai Tulis Diary

Lastri Marselina, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2012 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 01 10 195 554610 f4KDEsEXi9.jpg Wanita menulis buku harian (Foto: Corbis)

SEMANGAT menepati resolusi Tahun Baru, umumnya melempem saat Maret. Jika tubuh langsing menjadi resolusi 2012, mulailah menulis buku harian. Lho kok?

 

Sebab, buku harian diyakini sebagai trik ampuh membakar kalori tanpa perlu menghabiskan waktu berolahraga. Demikian yang disitat Cosmopolitan, Selasa (10/1/2012).

 

Berdasarkan studi yang dilakukan Stanford University dan Canada’s Renison University College, wanita yang menulis buku harian cenderung lebih cepat membakar kalori dari yang tidak. Dalam studi tersebut, responden diminta menuliskan selama 15 menit apa saja hal terpenting dalam hidup mereka, seperti keluarga, hubungan, dan musik. Sementara responden yang lain diminta menuliskan alasan mereka tak memerdulikan apa yang menurut orang lain penting.

 

Setelah ditemui dalam empat bulan setelahnya, wanita yang menuliskan apa yang penting dalam hidupnya berhasil menurunkan berat badan rata-rata 1,5 kilogram. Sementara wanita yang menuliskan alasan tak memerdulikan apa yang penting, rata-rata lebih gemuk 1,2 kilogram.

 

Mengapa? Peneliti menjelaskan, bahwa wanita cenderung nyaman terhadap diri sendiri saat memiliki waktu untuk menuliskan apa yang dianggap bernilai dalam hidupnya. Hasilnya, mereka tak lantas mengonsumsi makanan berlemak demi meningkatkan mood.

 

Selamat mencoba!

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini