Yuk, Intip Mewahnya Kapal Pesiar Costa Concordia

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 16 Januari 2012 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 16 409 558156 3Cy41jjAMF.jpg Spa Samsara, salah satu sudut Costa Concordia (Foto: royalolympiccruises)

DUNIA dikejutkan dengan tragedi kapal pesiar Costa Concordia yang karam akibat menabrak gugusan karang di perairan Pulau Giglio, Italia. Yuk, intip sedikit kapal pesiar mewat yang disebut-sebut Titanic modern ini.

Costa Concordia adalah sebuah kapal pesiar kelas Concordia yang dimiliki dan dioperasikan oleh Costa Cruises, di bawah pengawasan American Carnival Corporation & Plc. Kapal ini dibuat di Italia, tepatnya di bengkel kapal Fincantieri di distrik industri Sestri Ponente. Nama Concordia berarti "melanjutkan harmoni, kesatuan, dan damai diantara negara-negara Eropa". Demikian seperti dilansir Costacruise, Senin (16/1/2012).

Kapal pesiar Costa Concordia merupakan kapal pertama di kelas Concordia, dengan kapal lain di bawahnya, yaitu Costa Serena, Costa Pacifica, Costa Favolosa, Costa Fascinosa, dan Carnival Splendor. Kapal ini mulai beroperasi pada Juli 2006 dan merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat di Italia.

Kapal memiliki panjang 290,20 meter, dengan tinggi 35,50 meter, dan didorong oleh enam mesin diesel Wartsila yang berkekuatan 75.600 kilowatt. Mesin dapat mendorong kapal dengan kecepatan 36,3 kilometer per jam.

Kapal pesiar memiliki 1.500 kabin, 505 balkon pribadi, dan 55 jalur akses pribadi ke fasilitas Spa Samsara, di mana 58 kamar suite memiliki balkon pribadi dan 12 diantaranya memiliki akses pribadi ke fasilitas spa. Costa Concordia memiliki fasilitas kebugaran terbesar, dengan Samsara Spa yang berada di dua lantai berukuran 6.000 meter persegi.

Ada pula fasilitas gym, kolam thalassotherapy, sauna, pemandian ala Turki, dan solarium. Kapal juga memiliki empat kolam renang, lima jacuzzi, dan lima buah tempat spa. Secara keseluruhan, Costa Concordia dapat memuat hingga 3.000 penumpang.

Belum cukup mewah, kapal pesiar ini memiliki lima buah restoran, 13 bar, termasuk cigar, cognac, kopi, dan bar. Fasilitas hiburannya, termasuk tiga level teater, kasino, dan sebuah diskotik. Ada pula area anak-anak yang dilengkapi produk playstation. Kapal ini juga memiliki sebuah simulator balap motor Grand Prix dan sebuah kafe internet.

Kapal bernilai USD600 juta ini berlayar di sekitar laut Mediterania setiap tahunnya, selama tujuh hari sekali pelayaran. Untuk kamar kelas ekonomi penumpang dewasa harus membayar sebesar 599 euro (sekira Rp7 juta) per malam sedangkan kelas suite dihargai 1229 euro (sekira Rp14 juta) per malam. Kapal ini juga menyediakan fasilitas untuk orang dengan keterbatasan fisik berupa 15 kursi roda dan 14 lift penumpang.

Sebelum insiden beberapa hari ini, Costa Concordia pernah mengalami kerusakan pada haluannya ketika terjadi angin kencang di Kota Palermo, Sisilia, dan mendorong kapal hingga menabrak dermaga. Untungnya, tidak ada korban luka atau tewas dan perbaikan kapal langsung dilaksanakan saat itu juga.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini