10 Tempat Seru Belajar Misteri Kehidupan Laut (II-Habis)

Mutya Hanifah, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2012 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 25 409 563074 Ett2c5hVDW.jpg Berenang bersama ubur-ubur di Palau (Foto: travel.youngester)

BERWISATA menawarkan kesenangan juga pembelajaran. Bila kehidupan laut masih menjadi misteri untuk Anda, ada beberapa tempat yang menarik dikunjungi.

Simak tempat-tempat seru di dunia yang menjadi pusat belajar kehidupan laut, seperti dikutip Bootsnall:

Palau

Republik Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara, dan 500 km sebelah timur Filipina. Perairan di sekitar Palau adalah tempat dimana Laut Filipina dan Samudra Pasifik bertemu, menjadikannya rumah spesies laut di dunia, termasuk lebih dari 1.300 spesies ikan dan ratusan tipe koral. Salah satu tempat paling menarik adalah Pulau Ali-Malik, dimana penyelam dapat berenang di danau air asin berwarna biru dipenuhi ribuan ubur-ubur tidak beracun.

Visayas, Filipina

Dikenal sebagai perairan yang tenang, Visayas adalah bentangan ribuan pulau di antara Filipina. Berbagai spesies belut, spons, koral hitam, dan kumpulan besar ikan tropis hanya merupakan sebagian kecil contoh kehidupan laut yang berada di perairan ini.

Belize

Belize merupakan perairan yang memiliki terumbu karang terpanjang kedua di dunia. Namun, keberagaman keindahan laut Belize tidak hanya sampai di situ. Di Hunting Caye, sebuah pantai pasir koral merupakan tempat favorit penyelam dapat melihat ratusan ikan barrakuda.

Kepulauan Brothers, Laut Merah, Mesir

Kepulauan yang terdiri dari dua pulau kembar ini terletak di tengah-tengal Laut Merah. Perairan di sekitar kepulauan ini memiliki gunung berapi yang terletak di bawah laut dan merupakan bagian dari Taman Nasional Marine Park Island.

Tontonan utama di perairan kepulauan ini adalah ikan hiunya. Hampir semua jenis ikan hiu ada, mulai dari hiu sirip putih hingga hiu kepala martil. Tak heran bila ini menjadi lokasi perairan yang menantang.

Taman Nasional Kepulauan Channel, California, Amerika Serikat

Lima pulau yang membentuk taman nasional ini terletak di pesisir Santa Barbara dan Ventura, namun terlihat seperti dunia lain. Perairan memiliki gua-gua bawah laut yang gelap, rimbunan rumput laut tebal dan terowongan-terowongan karang alami. Biasanya, perairan ini menyediakan wisata kayak, dimana wisatawan dapat mendayung sambil menunggu melihat penampakan lumba-lumba, ikan paus, singa laut atau anjing laut.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini