nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenis-Jenis Wine Putih Terfavorit

Johan Sompotan, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2012 20:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 01 26 299 564212 n0J7jbURsJ.jpg Wine (Foto:Getty Images)

Begitu banyak ragam wine, namun bagi Anda penyuka white wine, beberapa jenis nyatanya menjadi favorit. Apa saja jenis white wine dimaksud?

 

Berikut beberapa jenis white wine paling digemari masyarakat seantero dunia, seperti dilansir Shine, Kamis (26/1/2012).

 

Chardonnay

 

Chardonnay merupakan jenis wine yang sangat sederhana dan dikemas dalam berbagai jenis. Bicara soal aromanya, wine ini memiliki rasa yang tajam berkat buah apel dan jeruk, kadang juga ada apel madu. Wine jenis Chardonnay sangat cocok bila disandingkan dengan menu ayam, ikan salmon, bahkan lobster.

 

Riesling

 

Jika Chardonnay prosesnya manual, wine riesling termasuk jenis wine vineyard. Wine ini dikenal dengan rasa yang khas dengan cita rasa “datar” sehingga sering menjadi cerminan di mana anggur itu tumbuh. Sekilas, aroma dan rasanya mirip jeruk. Wine jenis riesling ini biasanya memiliki tingkat keasaman tinggi serta sedikit manis. Wine ini cenderung bisa dihidangkan dengan berbagai macam hidangan.

 

Sauvignon Blanc

 

Wine sangat disukai kebanyakan orang karena rasa aromanya yang khas. Untuk menemani Anda dalam mengonsumsi sauvignon blanc, makanan laut adalah jawabannya.

 

Viognier

 

Wine ini memiliki rasanya sangat manis. Vionier adalah nama bunga, memiliki aroma yang sangat aromatik, terlebih dengan perpaduan dengan aroma kacang. Wine vionier sangat cocok untuk beberapa masakan pedas, seperti masakan Thailand, Maroko, dan India .

 

Pinot Gris atau Pinot Grigio

 

Wine ini bisa Anda sebut dengan wine pinot gris maupun pinot grigio, karena ketika Anda sebut pinot grigio, wine ini biasanya ringan dan renyah dengan aroma jeruk citrus. Namun bila disebut pinot gris, Anda akan menemukan jika wine itu sangat kaya, bahkan kadar alkoholnya sangat tinggi.

 

Wine pinot grigio sangat cocok dihidangkan bersama hidangan ikan, salad, serta pada cuaca hangat, wine pinot gris sangat pas untuk sajian salmon panggang dan risotto.

 

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini