Christine Hakim Jadikan Batik Bagian dari Kehidupan

K. Wahyu Utami, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2012 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 22 29 580291 ACfBsPgz2Y.jpg Christine Hakim (Foto: sastrawanamatir.blogspot.com)

BATIK adalah bagian dari kebudayaan Indonesia yang sangat kental dan melekat dalam keseharian Christine Hakim. Sebisa mungkin, baik dalam keseharian maupun dalam berbagai jamuan internasional, aktris kawakan tersebut selalu mengenakan batik yang menjadi warisan budaya Indonesia.

 

Kecintaan pada batik di diri Christine Hakim sepertinya tak perlu diragukan. Hal itu dibuktikannya lewat koleksi batiknya yang mencapai ratusan. Tak hanya mengoleksi, Christine pun senantiasa mengenakan kain adati itu dalam berbagai kesempatan.

 

Tahun 2002 misalnya, Christine Hakim menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi juri dalam Festival Film Cannes di Prancis. Saat itu, Christine yang mengenakan batik menjadi orang satu-satunya yang memakai kain Nusantara tersebut di pentas internasional dengan penuh kebanggaan.

 

“Batik buat saya adalah part of our life, bukan part of the material. Perlu kita ketahui filosofi di balik itu semua,” ungkap Christine saat berbincang dengan okezone di acara American Batik Exhibition di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (22/2/2012) malam.

 

Menurutnya, perkembangan yang mendunia itu tak hanya dimiliki batik semata, tapi juga berbagai kain Nusantara lainnya seperti halnya kain tenun yang berpotensi mendunia.

 

“Bagus sekali jika tenun juga dapat diangkat, karena tenun juga menjadi inspirasi Jepang yang diaplikasikan oleh mereka melalui kain noreng (gorden jepang),” sambung wanita yang dikatakan Batik Killer oleh Sharon Stone ini.

 

Sebagai orang Indonesia, kekayaan budaya Indonesia patut dipelihara dan dilestarikan. Apalagi, perkembangan mode sekarang pun sudah dominan menggunakan batik sebagai dasar material mereka.

 

“Ini mencerminkan betapa kaya dan tingginya budaya Indonesia dan saya senang masyarakat untuk tetap appreciate,” tutupnya (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini