Saksi Mozart Ciptakan Sonata No. 6

Fitri Yulianti, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2012 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 22 409 580660 BqtCJS2zWR.jpg Mamaison Pachtuv Palace (Foto: booked.net)

BEBERAPA hotel di dunia tidak lagi sekadar menjadi tempat istirahat yang nyaman. Cerita mengenaskan hingga kenangan mencipta lagu juga bisa tercipta di hotel.

Simak beberapa hotel yang menyimpan cerita tak biasa, seperti diulas CNNGo, Rabu (22/2/2012):

Mamaison Pachtuv Palace, Praha, Republik Ceko

Ini adalah bangunan yang disebut rumah Mozart pada 1788, yang hingga kini masih memiliki lukisan dinding asli dan langit-langit kapel berkubah. Mozart mendedikasikan sonata no. 6 untuk pemilik properti ini sebagai pengganti biaya sewa. Mozart pernah tidur di hotel ini, tepatnya di kamar 218.

Fairmont Ratu Elizabeth, Montreal, Kanada

Hotel ini menjadi terkenal karena pernah menjadi tempat singgah John Lennon dan Yoko Ono selama sepekan sebelum konser. Anda masih dapat memesan kamar 1742 di mana mereka menulis dan merekam "Give Peace A Chance" pada 1969.

The Olde Bell, Berkshire, England

Untuk sebuah negara kecil, penginapan ini terkenal yang tertua di Inggris karena dibangun sejak 1135. Sejak itu pula, The Bell Olde telah menjadi saksi banyak sekali intrik. Salah satunya menjadi latar tergulingnya kekuasaan King James II pada abad ke-17 oleh Lord Lovelace of Hurler. Hingga kini, Anda masih tetap bisa melihat pintu terowongan rahasia yang berada di antara bar dan tempat hunian Lovelace. Banyak bintang film telah tinggal di sini selama syuting, sebut saja Liz Taylor dan Richard Burton.

Beverly Hills Hotel, California, Amerika Serikat

Usia hotel ini mencapai 70 tahun. Marilyn Monroe pernah tidur di sini, tepatnya kamar 1 dan 7 yang menjadi favoritnya serta Richard Burton dan Elizabeth Taylor di kamar 5. Warren Beatty juga sempat menginap di sini. Beberapa selebriti ditemukan tewas di hotel ini, seperti Peter Finch pada 14 Januari 1977 dan penyanyi legendaris Whitney Houston akibat overdosis obat-obatan di kamar 434.

Hotel King David Yerusalem, Israel

Hotel ini telah menjadi pilihan banyak raja dan kepala negara. Angkatan Darat Inggris disewakan lantai atas sebagai markas darurat ketika pemberontakan Arab pecah pada 1936. Satu dekade kemudian, tentara Israel menanam sebuah bom di ruang bawah tanah, menyebabkan 91 orang tewas.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini