Kekuatan Wanita di Balik Adibusana

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Sabtu 25 Februari 2012 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 25 29 582465 mpotFmQhwq.jpg Koleksi Barli di IFW (Foto: Indah/okezone)

KETANGGUHAN wanita dalam berbagai peran yang dijalaninya coba digambarkan Barli Asmara dalam rancangannya di Indonesia Fashion Week (IFW) 2012.

 

Dalam segala peran yang dilakoninya, sosok wanita tak ubahnya dengan pria yang terlihat tangguh. Karakter tegas yang menunjukkan kekuatan atau “Powering Women” pun menjadi sebuah modal penting yang tak boleh diremehkan.

 

Kekuatan tersebut pun coba diterjemahkan Barli Asmara dalam rancangan busananya yang menggambarkan karakter tegas dan tangguh bagi para wanita mapan.

 

“Saya ingin menggambarkan wanita yang aktif, kuat dan wanita yang sangat punya pedoman untuk segala langkahnya, mempunyai kesucian dalam dirinya,” jelas Barli dalam perbincangan melalui layanan Blackberry Messenger dengan okezone, Sabtu (25/2/2012).

 

Pada koleksinya, Barli memainkan warna hitam, putih dan merah sebagai palet dominan yang menghias rancangannya. Bagi Barli lewat warna hitam yang terkesan kelam, desainer yang memiliki empat label tersebut justru ingin menunjukkan bahwa dari warna gelap tersebut sosok ketegasan dapat terlihat.

 

“Sisi hitam itu bukan berarti kelam, tapi menunjukkan bahwa ia tegas dan kuat. Sementara merah tak berarti sangat ber-api dalam hal negatif namun berambisi untuk kesuksesan namun diimbangi dengan kelembutan lewat warna putih,” sambungnya.

 

Penerjemahan kekuatan tersebut pun terlihat kental dalam 12 koleksi yang dipamerkannya di panggung IFW. Dengan cutting yang modern dan edgy, koleksi Barli yang terlihat simpel tersebut sanggup menggambarkan karakter yang dimaksud.

 

Hal itu kian dipertegas dengan bentuk busana yang variatif yakni penampilan siluet bervolume, pencil skirt, volume top hingga dress tumpuk yang dikreasikannya. Untuk memasukkan unsur yang dimaksud Barli menggunakan bahan satin, sifon, suede, rajut, jaring dan glitter kulit untuk detail.

 

Dengan potongan simpel namun tegas, busana Barli pun sanggup menunjukkan sosok wanita yang kuat dengan caranya masing-masing.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini