nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Kerang Geoduck

SINDO, Jurnalis · Senin 27 Februari 2012 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 02 27 299 583088 ZqndSI4apw.jpg Geoduck sashimi (Foto: archiveaudubonmagazine)

GEODUCK clam (Panopea generosa) adalah spesies kerang laut yang berukuran besar. Kata geoduck sendiri artinya menggali dalam (dig deep).

Kerang berbentuk unik ini dikenal juga dengan nama Mirugai, ada juga yang menyebutnya kerang belalai gajah. Kerang raksasa ini ditemukan di daerah pantai Pasifik, Kanada, dan Jepang. Berat rata-rata dari kerang segar geoduck dewasa adalah 2 pon.

Jenis kerang ini tercatat juga sebagai salah satu makhluk hidup berumur panjang di dunia, rata-rata 140 tahun. Hal ini disebabkan geoducks tidak memiliki musuh atau predator lainnya. Tapi setelah mengubur diri, geoduck akan tetap berada di tempat itu sampai mati.

Hewan laut ini sangat unik. Dalam spesiesnya, hanya kerang ini yang memiliki leher panjang. Kerang laut ini sebenarnya jarang ditemukan dan oleh sebab itu harganya sangat mahal. Sebenarnya, yang menjulur keluar pada kerang ini adalah siphon atau lehernya.

Panjang leher kerang ini bisa mencapai 2 meter. Mereka hidup di pantai-pantai. Di Asia, kerang ini sangat disukai karena rasanya yang gurih. Geoduck sering dijumpai pada kuliner khas Korea.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini