Kriteria Pas Jadi Orangtua Angkat

Birgitta Ajeng Destika, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2012 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 11 196 591003 D6e572Beit.jpg Bersama anak angkat (Foto: Corbis)

ADOPOSI sering menjadi solusi bagi pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak. Beberapa kriteria dan ketentuan telah diatur dalam hukum Indonesia terkait adopsi anak.

 

Namun, terdapat beberapa hal umum yang harus dipenuhi orangtua ketika hendak dan selama mengadopsi anak. Psikolog Keluarga dari Kasandra & Associates, Kasandra Putranto S.Psi, Psikolog mengatakan, bahwa persyaratan yang harus dipenuhi orangtua angkat adalah persiapan fisik, psikologis, dan finansial secara matang.

 

“Pasangan suami istri harus memiliki kapasitas yang cukup untuk menjadi ayah dan ibu. Bukan sekadar mereka memiliki uang,” tutur Kasandra saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Minggu (11/3/2012).

 

Selain itu, tambah wanita ramah ini, kualitas psikologi seperti kapasitas intelektual, emosional, moral, sosial dan fisik juga harus dimiliki secara matang oleh orangtua. 

 

Pada banyak kasus, tidak hanya pada anak adopsi, proses tumbuh kembang anak memerlukan perhatian yang intensif tidak sekadar pertumbuhan fisik saja, melainkan juga pertumbuhan kualitas psikologis. Banyak orangtua datang konsultasi pada saat masalah sudah bertumpuk.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini