nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenis Talenan & Aturan Pakainya

Johan Sompotan, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2012 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 03 16 304 594789 UfSfVQu7Kn.jpg (Foto:Blogspot)
TALENAN merupakan alat penting di dapur. Tanpanya, Anda akan susah melakukan pemotongan, tetapi ternyata tidak semua talenan dibuat sama.
 
Persoalan higienis menjadi tanda tanya besar dalam penggunaan talenan. Sebab sebenarnya, bakteri dengan mudah masuk ke dalam makanan seperti salmonella dan bakteri E. coli lewat alat masak ini.
 
Talenan diciptakan sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan pemotongan bahan makanan. Talenan yang memiliki pori-pori, tandanya talenan dibuat khusus untuk memotong daging mentah, unggas, dan ikan karena mampu menyerap bakteri. Ada juga talenan yang dibuat sangat keras yang bisa membuat pisau Anda tumpul.
 
Berikut ini beberapa talenan yang sebaiknya dihindari agar Anda tetap sehat saat mengonsumsi makanan, seperti dilansir Huffingtonpost, Sabtu (17/3/2012):
 
Kayu
 
Talenan kayu sangat populer di antara jenis talenan lainnya karena ukurannya yang besar. Meskipun talenan kayu terlilhat kokoh, alat ini tetap bisa keropos sehingga menjadi jalan masuk bakteri.
 
Talenan kayu butuh minyak untuk menjaga kondisinya tetap baik. Selain itu, membantu kayu terhindar dari kelembapan. Dan setelah digunakan, talenan kayu harus segera dibersihkan kemudian dikeringkan. Jika Anda memiliki talenan kayu, sebaiknya gunakan hanya untuk memotong sayuran, bumbu, dan roti.
 
Bambu
 
Bila dilihat sekilas, talenan bambu mirip dengan talenan kayu. Talenan bambu membutuhkan minyak karena bambu bisa rusak bila tidak dirawat. Talenan bambu pun mudah sekali menyerap bakteri bila tidak dirawat.
 
Plastik
 
Talenan plastik sering direkomendasikan oleh para koki di seluruh dunia. Biasanya, talenan ini dibuat dari polietilen, papan plastik yang tahan lama dan mudah dicuci, baik secara manual maupun dengan mesin pencuci piring.
 
Talenan plastik relatif aman dengan pisau, meskipun tidak sebagus kayu dan bambu. Talenan ini sangat bagus untuk memotong ikan, unggas, dan daging.
 
Kaca
 
Talenan kaca tidak keropos dan mudah dibersihkan. Anda bisa mencucinya di wastafel juga tidak usah menggunakan minyak. Namun, talenan kaca sangat membahayakan pisau, jadi jangan gunakan talenan kaca saat memotong bahan makanan.
 
Rekomendasi

 
Di dapur, Anda memiliki setidaknya dua talenan, yakni kayu dan plastic. Talenan kayu sangat baik untuk memotong buah dan sayuran, tapi jauhkan talenan kayu dari media lain dan bersihkan dengan minyak sesering mungkin. Untuk memotong daging, sebaiknya gunakan papan plastik, tapi harus sering dicuci.
 
 

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini