Resor di Wakatobi Dianugerahi Resor Ekowisata Terbaik di Dunia

Mutya Hanifah, Jurnalis · Jum'at 30 Maret 2012 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 30 407 602681 fmYU20jzAV.jpg Wakatobi dive resort (Foto: scubaresortsindonesia)

MEMPERINGATI hari bumi pada 31 Maret 2012 nanti, situs wisata CNNgo membuat daftar hotel dan penginapan ekowisata terbaik di seluruh dunia. Hebatnya lagi, Wakatobi Dive Resort yang ada di Wakatobi, Indonesia, turut masuk dalam daftar tersebut.

Resor yang ada di Sulawesi Tenggara itu disebut sebagai resor dengan salah satu lokasi diving terbaik di seluruh dunia, yang juga terus memfokuskan diri terhadap isu-isu konservasi laut dan juga pengembangan masyarakat. "Wakatobi Dive Resort membantu lingkungan di sekitarnya, mencegah terumbu karang sekitarnya rusak," tutur Justin Francis, pendiri responsibletravel, situs wisata yang turut menilai bagaimana resor ini bisa masuk dalam daftar hotel ekowisata terbaik di dunia.

"Resor ini mempekerjakan 150 orang masyarakat setempat dan menciptakan programĀ  Collaborative Community Based Reef Management, yaitu membuat suaka terumbu karang," tutur Justin lagi.

Desa-desa sekitarnya juga menerima insentif keuangan untuk meningkatkan infrastruktur mereka. Kontribusi lainnya dari resor ini adalah untuk pendidikan dan memperkuat dukungan lokal untuk melindungi kehidupan laut yang berharga di wilayah tersebut. Saat ini, program konservasi melindungi lebih dari 22 mil dari terumbu karang di wilayah tersebut.

Setiap tamu yang menginap di resor ini dapat mengeksplorasi surga Wakatobi di bawah laut yang hanya terletak beberapa menit dari resor sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapainya. Selain itu di resor ini sudah disewakan penyewaan kapal, serta juga alat-alat selam. Ada pula fasilitas spa untuk memanjakan diri setelah lelah menyelam di laut.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini