Nikahi Wanita Lebih Tua Rentan Cibiran

K. Wahyu Utami, Jurnalis · Senin 02 April 2012 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 02 196 604394 A7dpj5WIjA.jpg Nikahi wanita lebih tua (Foto: Corbis)

MENJALANI pernikahan beda usia bukanlah sebuah masalah besar. Namun ketika pernikahan tersebut dijalani dengan kondisi wanita yang lebih tua biasanya bakal memunculkan pergunjingan yang mewarnai hubungan.
 

Bagi para pria, bersiaplah ketika memutuskan untuk menikahi wanita yang lebih tua. Pasalnya, sederet cibiran akan menghampiri. Berbagai tudingan negatif pun tak kalah menukik berdatangan menerpa. Dari mulai tuduhan pemanfaatan, meraih popularitas, menguasai harta, dan sebagainya.

 

Hal itupun diamini Psikolog dan Dosen Muda Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung, Fredrick Dermawan Purba MPsi yang sempat berbincang dengan okezone.

 

“Biasanya sih kalau ada pria menikahi wanita yang lebih tua bisa jadi cibiran karena wanita itu kaya secara materi. Namun di luar itu, tidak hanya ucapan negatif yang dilayangkan, tapi juga beberapa hal positif. Mungkin bisa jadi karena wanitanya yang dewasa dan sosok ‘ngemong’ yang didapatkan si pria,” tuturnya via sambungan telepon, Senin (02/4/2012).

 

Selain cibiran yang didapatkan, sang wanita pun tak serta merta bebas dari ancaman cibiran masyarakat sekitar. Berbagai persepsi tak sedap pun bakal dirasakannya. Misalnya saja, wanita dituduh seakan-akan memonopoli keadaan rumah tangga, terutama ketika konflik menerpa mereka. Pria yang menjadi suaminya akan dicibir jika mereka hanyalah mengikuti apa yang dikatakan sang istri semata.

 

“Layaknya seorang ibu dan anak, biasanya anaknya yang akan nurut dengan perkataan ibunya. Nah, itu biasanya juga terjadi pada hubungan yang pasangan wanitanya lebih tua dibandingkan prianya,” imbuhnya. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini