128 Pulau di Kepulauan Seribu, Hanya 11 untuk Wisata

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 02 April 2012 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 02 407 603886 iT8MWP5Sxx.jpg Salah satu pulau di Kepulauan Seribu

KEPULAUAN Seribu telah menjadi salah satu destinasi wisata alternatif bagi warga Jakarta, yang ingin melarikan diri dari padatnya suasana kota namun tidak mau pergi terlalu jauh. Dengan kecantikan alam laut dan pantainya, Kepulauan Seribu menjadi primadona pariwisata Jakarta.

Bagaimana awalnya Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata? "Dulu, Kepulauan Seribu adalah kepulauan yang aktivitas masyarakatnya kerap tanpa sengaja merusak lingkungan; dengan pemancingan dan lain-lain. Namun, setelah itu kami mulai melakukan musyawarah dan rembug masyarakat untuk memutuskan membangun sesuatu yang dapat menghindari kerusakan lingkungan sekaligus membantu meningkatkan pemasukan ekonomi warga," tutur Komeng, pemandu senior Kepulauan Seribu yang juga merupakan penduduk asli Pulau Pramuka, saat ditemui di pameran Deep and Extreme Indonesia 2012, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, masyarakat kemudian sepakat menonjolkan potensi lokal Kepulauan Seribu, yaitu pariwisatanya. Sejak itulah, masyarakat mulai kembali menjaga lingkungan,dengan tujuan menarik wisatawan sehingga dapat menjadikan suatu pemasukan ekonomi. Nyatanya kini, dari 128 pulau yang ada di Kepulauan Seribu, hanya 11 yang dihuni dan dijadikan tempat wisata.

"Dulu ada banyak resor, namun karena krisis ekonomi 1998, investor yang membangun resor di sini juga sempat terkena dampaknya," imbuhnya.

Selain itu, ujarnya, dari 128 pulau tersebut, juga ada 17 pulau yang sudah tenggelam akibat abrasi alam. "Dari 11 pulau ini, kami sedang maksimalkan potensinya untuk mengembangkan ke pulau-pulau lain di luar ini, tergantung dari investor juga kebijakan pemerintah," katanya. "Kini kami juga sedang mengembangkan wisata di Pulau Pari, dengan pasir perawannya," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini