Siasat Jitu Dapatkan Kulit Wajah Sehat & Segar

Hutami Windiarti, Jurnalis · Senin 23 April 2012 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 23 486 616765 DVV35M4WNN.jpg Ayo jaga kesehatan pori-pori kulit (Corbis)

MENJAGA kesehatan kulit wajah, tak pernah ada ruginya. Selain kulit bebas masalah, Anda pun akan tampak awet muda.  

Salah satu sumber masalah kulit wajah adalah besarnya pori-pori bagaikan kulit jeruk. Selain berpotensi jerawat, besarnya pori di wajah membuat Anda tampak lebih tua.

 

Ya, ukuran pori-pori menunjukkan seberapa sehat kulit Anda. Semakin besar pori-pori dalam wajah, hal ini membuktikan kulit Anda beranjak tua. Karena itu, kesehatan pori-pori sangat penting untuk dijaga.

 

Berikut ini tip perawatan agar kulit wajah senantiasa segar, sehat, dan bisa membuat Anda awet muda, sebagaimana dilansir Boldsky.

 

Rajin bersihkan pori-pori

 

Bersihkan pori-pori yang tersumbat. Debu dan minyak yang ada dalam wajah akan menutupi pori-pori. Kota yang memiliki tingkat populasi yang tinggi membuat wajah rawan kotor. Untuk membersihkannya, cucilah wajah setiap dua jam sekali untuk menghilangkan debu dan minyak agar pori-pori tidak tersumbat.

 

Hilangkan komedo

 

Debu yang menutupi pori-pori akan menyebabkan komedo dan lama-kelamaan mempercepat proses penuaan. Komedo dapat dihilangkan dengan cara memberikan uap pada wajah Anda, kemudian singkirkan komedo dengan jari tangan atau komedo remover. Anda juga dapat membuat lulur buatan dengan baking powder dan buah untuk menghilangkan komedo dengan cara alami.

 

Lakukan scrubing

 

Anda tidak hanya membilas wajah, tapi lakukan scrub pada wajah, minimal dua hingga tiga kali sepekan meskipun tidak memiliki komedo.

 

Gunakan toner

 

Gunakan toner setelah Anda melakukan scrubing karena hal itu sangat penting. Scrubing secara tidak langsung memaksa komedo keluar dari wajah dan memperbesar pori-pori. Karena itu, toner berfungsi untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka.

 

Biarkan kulit bernafas

 

Setelah mengeluarkan komedo, biasanya Anda akan menaruh bedak. Hal itu justru membuat sirkulasi oksigen ke dalam kulit menipis. Sebaiknya, biarkan kulit Anda bernapas sejenak. Hindari pula pemakaian make up yang berlebihan.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini