Agar Bekas Cacar Air Cepat Hilang

Gustia Martha Putri, Jurnalis · Kamis 31 Mei 2012 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 31 482 638780 UGy4LyiNgi.jpg Wajah bersih (Foto: Corbis)

USAI terkena penyakit cacar air, bekasnya senantiasa menganggu. Namun, bekas cacar akan cepat menghilang jika Anda mengikuti solusi ini.
 

Penyakit cacar air disebabkan oleh serangan virus Varicella zoster. Tidak hanya anak-anak, virus ini juga dapat menyerang orang dewasa dan bayi. Virus ini menyerang ketika ketahanan tubuh seseorang sedang menurun.

 

"Agar cepat kering, gunakan salicyl talk karena akan menyerap air dan mengeringkan," tutur Dr. Nenden LS Prabu, SpKK, ketika ditemui usai peluncuran produk pembersih wajah di FX Plaza, Jakarta Selatan, Kamis 31 Mei 2012.

 

Lebih lanjut, dokter spesialis kulit ini pun mengingatkan untuk tidak menggaruk, menggosok muka terlalu kencang untuk menghilangkan rasa gatal, serta melarang untuk mengelupas bekas cacar karena bisa jadi infeksi.

 

"Harus pintar-pintar jaga kulit agar tidak berbekas. Kalau gatal digaruk, bisa jadi luka, lalu infeksi. Makanya jadi berbekas. Kalau gatal, kompres saja pakai air dingin. Jangan lupa juga, tangan harus bersih terus biar tidak banyak kuman dan mencegah infeksi," jelasnya.

 

Bagi wanita dewasa yang baru saja terkena cacar air, Nenden menyarankan untuk sesekali saja menggunakan kosmetik dengan durasi yang tidak terlalu lama. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan segar dan aneka sayuran yang mengandung vitamin C dapat membantu proses revitalisasi kulit.

 

"Makan buah dan sayur yang banyak vitamin C agar daya tahan tubuh kuat. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang bagus buat kesehatan kulit, untuk whitening juga. Boleh juga minum suplemen vitamin C, asal sesuai aturan," tutup Nenden.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini