Jelajah Sepeda Wisata Bakal Dongkrak Potensi Tana Toraja

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 25 Juni 2012 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 25 407 653342 ULoQ7txLdn.jpg Toraja (Foto: watipuspitasari.blogspot)

MAKALE - Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mendukung perhelatan Jelajah Sepeda Wisata (JSW) yang bakal digelar di Tana Toraja, Desember mendatang. Event ini diharapkan mampu mendongrak potensi pariwisata daerah.

“Saat panitia melaporkan persiapan pelaksanaan JSW kepada Bupati, beliau siap all out mendukung terselenggaranya event JSW ini,” ujar Wakil ketua panitia JSW, Ivan Kalalembang, baru-baru ini.

Dia menambahkan, guna menyukseskan perhelatan akbar tingkat Nasional di Tana Toraja itu, Bupati juga memberikan bantuan dana khusus. Namun begitu, dirinya enggan membeberkan berapa besar bantuan dana yang dikucurkan.

Pemkab Tana Toraja menilai, JSW bisa mendukung program pemerintah dalam meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik. Apalagi, JSW merupakan rangkaian dari event promosi wisata "Lovely December" yang sudah tiga tahun berturut-turut digelar di Toraja.

“Bantuan dana yang diberikan Bupati akan digunakan panitia untuk penyelenggaraan event JSW yang baru pertama kali digelar di Toraja,” ujarnya.

Dia menjelaskan, event JSW yang digagas oleh GCC mengusung tema “Health and Green”, akan diikuti ratusan penggiat olahraga sepeda dari berbagai daerah, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sesuai dengan petunjuk Bupati, rute JSW mengambil lokasi desa Pango-pango kecamatan Makale Selatan dan berakhir di Desa Pattawanan, Kecamatan Gandasil. Lokasi tersebut menyimpan keindahan panorama alam Tana Toraja yang menjadi andalan sektor pariwisata daerah menarik minat kunjungan wisatawan

Menurutnya, sesuai dengan konsep Go Green yang menjadi isu kegiatan JSW ini, setiap peserta lomba akan diberikan minimal satu bibit pohon yang nantinya akan ditanam oleh peserta  sepanjang lintasan JSW. Kordinat penanaman pohon akan ditentukan oleh panitia. Pemkab melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tana Toraja sudah bersedia menyiapkan 1.000 bibit pohon.

“Usai kegiatan bersepeda, panitia juga akan menggelar pentas seni budaya tradisional dan wisata kuliner tradisional khas Toraja yang dipusatkan di sepanjang bundaran Kolan Makale,” katanya.

Ketua DPRD Tana Toraja selaku ketua panitia pelaksana JSW Welem Sambolangi mengatakan, agenda kegiatan jelajah sepeda wisata Nasional sangat menantang. Apalagi, baru pertama kali dilaksanakan di Toraja, yang tidak hanya melibatkan peserta lokal, tetapi juga skala Nasional. Panitia diharapkan bekerja maksimal dalam memersiapkan pelaksanaan kegiatan. Koordinasi dan konsolidasi tiap saat harus dijadikan ritme kerja seluruh potensi yang ada.

“Suksesnya kegiatan JSW ini akan berdampak positif bagi pariwisata daerah. Kegiatan ini juga akan kami usulkan kepada pemerintah sebagai agenda tahunan daerah Tana Toraja,” tandasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini