Share

Punya Libur Tiga Hari? Ke Phuket, Yuk!

Fitri Yulianti, Jurnalis · Senin 09 Juli 2012 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 09 409 660537 6Uahw8CyGr.jpg Phuket, Thailand (Foto: populartourismplace)

THAILAND menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya? Phi Phi Island, Phuket, Ko Panak, Patong Beach, dan banyak destinasi indah lainnya siap dinikmati dalam rencana liburan tiga hari.

Thailand menjadi impian bahkan favorit banyak orang karena pariwisatanya ramah untuk kantong, dengan tersedianya paket untuk backpacker. Thailand juga destinasi menyenangkan untuk keluarga dan para petualang, seperti beberapa tempat yang direkomendasikan oleh Tourism Authority of Thailand berikut ini cukup dalam waktu tiga hari liburan:

Hari pertama

Tentunya Anda harus memilih lokasi yang tepat untuk menginap. Jika suka dengan keramaian, tempat belanja dan hiburan malam, Patong Beach adalah daerah yang tepat. Semakin dekat dengan Bangla Road, semakin ramai.

Jika Anda suka ketenangan, namun tetap banyak tempat belanja yang menyenangkan, Kata Beach adalah jawabannya. Sementara, penyuka ketenangan sejati dapat memilih Karon Beach atau pantai eksklusif di Rawai Beach. Dan, honeymooners yang ingin pulau eksklusif, dapat langsung menuju Ko Yao Noi yang sangat eksotik.

Jika jiwa petualang telah memanggil, Provinsi Phang Nga siap dijelajahi. Anda dapat menuju area Phang Nga Bay untuk berkano bersama pemandu memasuki goa-goa laut yang memukau di Ko Panak, dan menyaksikan James Bond Island (dari film The Man With the Golden Gun). Terdapat pilihan singgah di pulau nelayan Muslim, Panye Island, untuk bersantap siang atau kepulauan di sisi Krabi, seperti Ko Hong yang berkelok-kelok misterius, Khai Island yang putih bersih, atau terus ke surga diving, Similan Island. Saat malam, kehidupan di Patong Beach menanti, atau menyaksikan pertunjukan Siam Naramit yang baru.

Hari kedua

Jika ingin menyaksikan Phi Phi Ley, pulau impian Leonardo di Caprio dalam film The Beach, Anda bisa menginap di Phi Phi Don. Jadi keesokan pagi, Anda dapat menyeberang ke Phi Phi Ley untuk mendapatkan suasana yang masih sepi dan indah difoto.

Phi Phi Don dapat dicapai dengan ferry dari Phuket, kemudian menikmati suasana hotel, menu restoran, dan hiburan malam menyenangkan yang ada, tepatnya di bagian Tongsai Beach. Phi Phi Don juga merupakan pangkalan bagi para penyelam, terutama untuk ke Laem Tong, Laem Hua Raket, Hat Yao, dan Hin Phae, serta memiliki view point di puncak bukit, tempat yang sangat romantis untuk menyaksikan panorama mentari tenggelam.

Dari Phi Phi Don, banyak paket yang menawarkan keliling ke pulau-pulau sekitar, tentunya termasuk ke Maya Beach yang tersohor di Phi Phi Ley.

Dari sini, Anda juga dapat memilih untuk kembali ke Phuket, atau melanjutkan perjalanan ke Pantai Ao Nang di Provinsi Krabi yang tenang dan cocok bagi penyuka alam perawan. Dari Ao Nang, tersedia banyak paket ke atraksi sekitar, seperti Hat Rai Le (pantai cantik pusatnya panjat tebing), Tham Phra Nang, Ko Poda, Ko Khai, atau bermalam di resor eksklusif di kawasan Ko Lanta.

Beberapa tempat menarik lainnya di Krabi, adalah Khao Khanap Nam untuk Anda melihat stalaktit dan stalakmit, Tiger Cave atau Kuil Wat Tham Suea, Krabi Horticultural Centre, Susan Hoi atau Fossil Shells Beach, pantai fosil kerang kuno yang telah berusia 40 juta tahun.

Hari ketiga

Setelah kembali ke Phuket, singgahlah ke puncak bukit untuk melihat Big Buddha yang memesona. Sedangkan kuil favorit lain, adalah Wat Chalong. Acara lain, kenali kehidupan tradisional rakyat Phuket di kawasan berarsitektur antik Phuket Town (Thailand Road sampai Khabi Road).

Mulailah dari kantor Tourism Authority of Thailand di Thalang Road untuk meminta "Phuket Town Treasure Map" lalu telusuri rumah-rumah bergaya budaya Baba-Nyonya masa lalu, seperti House of Beautiful Images di sudut Soi Romanee atau China Inn Cafe. Sembari berjalan-jalan, cicipi pancake halal di Aroon atau dendeng manis di Wilai's.

Di sekitarnya juga terdapat gedung-gedung menarik, seperti Chinpracha House, Thai Hua Museum, Baan Klung Jinda, dan Kuil Sang Dewi Welas Asih Kuan Im, Jui Tui Shrine. Setelah puas, tutuplah hari dengan menyaksikan pertunjukan spektakuler Phuket Fantasea.

Wisata lain di Phuket, antara lain menyaksikan arak-arakan Phuket Vegetarian Festival (Oktober), melihat peternakan mutiara, naik kapal selam Pakarang, memancing ikan besar dan menyewa yacht, menyaksikan matahari terbenam di Promthep Cape, pertunjukan kabaret di Phuket Siman Cabaret atau Aphrodite, belanja murah di Sunday Market (buka Sabtu dan Minggu) dan Phuket Town (dekat Central Festival), serta berbelanja nyaman dan bersantap di restoran lezat dengan citarasa internasional di Jungceylon, Central Festival, Plaza Surin, dan Royal Phuket Marina.

Jika cuaca sedang kurang baik di Phi Phi Island, biasanya cukup baik untuk ke James Bond Island, dan sebaliknya.

Bagaimana transportasi menuju Phuket?

Phuket dapat dicapai dengan penerbangan langsung dari Jakarta (Air Asia), dengan rute yang tersedia Jakarta-Phuket-Bangkok-Jakarta, bahkan Jakarta-Phuket-Chiang Mai-Bangkok-Jakarta. Tersedia juga penerbangan dari/ke Bangkok (Thai Airways, Air Asia, Nok Air), Chiang Mai (Thai Airways, Air Asia), Hong Kong, Singapura, Kuala Lumpur, Penang, Ho Chi Minh.

Dengan kereta pun bisa. Kereta dari Bangkok akan berhenti di Stasiun Phun Phin Provinsi Surat Thani untuk dilanjutkan dengan bis ke Phuket (enam jam) atau Krabi (tiga jam). Sementara dari Hat Yai, kereta akan sampai di Phun Phin Surat Thani dalam waktu enam jam.

Bila ingin mencapai Phuket dengan bis, berangkat dari Bangkok, tepatnya di Southern Bus Terminal. Phuket ke Krabi melewati Phang Nga berangkat setiap jam (2,5 jam perjalanan). Sementara dari Krabi, tersedia bis ke Bangkok (16 jam), Ko Samui (enam jam) Hat Yai (empat jam), Penang (sembilan jam), Kuala Lumpur (17 jam), dan Singapura (25 jam).

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini