Klinik Tumbuh Kembang RHE Bantu Anak Berkebutuhan Khusus

K. Wahyu Utami, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2012 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 12 482 662367 p1OMrwoASY.jpg Syukuran soft opening Klinik RHE (Foto: Heru/Okezone)

ANAK berkebutuhan khusus sering kali sulit mendapatkan fasilitas kesehatan. Kehadiran Klinik Tumbuh Kembang RHE menjadi jawaban untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut secara maksimal.

Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda satu sama lain. Dalam perjalanannya, ada anak-anak yang memiliki periode tumbuh kembang cepat dan juga lambat. Bagi anak yang mengalami pertumbuhan lambat, mengatasinya sejak dini menjadi pekerjaan rumah yang perlu dilakukan.

Perlu diketahui bahwa gangguan perkembangan yang diintervensi secara dini akan memberikan hasil yang lebih baik. Di Indonesia, jumlah balita mencapai angka 10 persen dari penduduk, di mana prevalensi gangguan perkembangan bervariasi 12,8 persen sampai dengan 16 persen. Untuk itu, dianjurkan melakukan observasi atau skrining tumbuh kembang pada setiap anak.

Gangguan perkembangan yang banyak dikeluhkan orangtua pada kondisi pertumbuhan anak-anaknya biasanya bersifat sederhana. Misalnya, keterlambatan bicara, gangguan irama dan artikulasi bahasa, kesulitan menguyah dan menelan, kesulitan pemusatan perhatian dan belajar, hiperaktif, gangguan pendengaran atau penglihatan, gangguan koordinasi dan keseimbangan gerak, gangguan emosi, celebral palsy, autis, down syndrome, dan gangguan perkembangan lainnya.

Mengingat pentingnya penanganan sejak dini, mendatangi klinik khusus yang dapat mengatasi gangguan perkembangan tersebut menjadi solusinya. Kehadiran Klinik Tumbuh Kembang anak RHE yang memberikan layanan deteksi dini, intervensi dini, stimulasi, dan evaluasi berkala terhadap tumbuh kembang anak secara terpadu dengan tim dokter spesialis dan terapis anak yang berpengalaman ini dapat menjadi pilihan. Di sini, setiap anak akan dibuatkan Individual Treatment Program atau Program Terapi Individu (ITP) sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

"Klinik ini didirikan karena terinspirasi dari anak saya sendiri yang memiliki gangguan tumbuh kembang, karena di Jakarta susah sekali untuk menemukan klinik khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Karena itu, saya berkeinginan untuk memberikan kemudahan untuk para orangtua yang memiliki kebutuhan yang sama seperti saya dalam kehadiran klinik ini," tutur Windi Harun, Direktur Klinik Tumbuh Kembang Ruwivito Harun Evasari (RHE) saat berbincang dengan Okezone di acara soft opening Klinik RHE di Jakarta, Kamis (12/7/2012).

Klinik ini hadir di pusat Kota Jakarta dengan fasilitas memadai, di antaranya observasi atau skrinning oleh tim dokter tumbuh kembang anak, psikolog anak dan dewasa, fisioterapi, terapi wicara, terapi sensori integrasi, terapi perilaku, okupasi terapi, terapi relaksasi sensorik atau snozellen, terapi kelompok, orthopedagog, pijat bayi kinestetik, terapi inhalasi atau nebulizer dan orthotic prastetic di mana semua fasilitas tersebut didukung oleh dokter-dokter spesialis yang terpercaya dan berpengalaman.

Kehadiran di klinik ini kian nyaman karena setiap ruang pada klinik ini dirancang sesuai dengan kebutuhan yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan anak. Jika ingin mengunjunginya, klinik ini terletak di Jalan Rawamangun No. 60, Pramuka, Jakarta Pusat, dengan jam operasional Senin- Sabtu mulai pukul 08.00-19.00 WIB. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini