nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Susu Saat Sahur Baik untuk Kesehatan

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2012 08:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 07 25 482 668066 OoT1UsxHYa.jpg Susu baik untuk kesehatan (Foto: Corbis)

KEBUTUHAN nutrisi bagi tubuh akan berkurang saat Anda berpuasa. Lalu, apakah nutrisi dalam tulang juga akan berkurang?

Menjaga stamina tubuh dan kesehatan tulang memang sangat penting, apalagi selama puasa. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi susu.

“Kekuatan tubuh manusia akan menurun saat berpuasa karena kita tidak mendapat asupan nutrisi selama kurang lebih 14 jam. Padahal, selama kita berpuasa, jumlah asupan nutrisi dan kalsium yang diperlukan tubuh sama jumlahnya saat kita tidak berpuasa,” tutur DR. dr. Fiastuti Witjaksono SpGk., MSc, Wakil Ketua Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), dalam acara bertema Langkah Sehat Menuju Berkah di Hotel The Sultan, Jakarta, Selasa, 24 Juli 2012.  

Pakar gizi ini menjelaskan bahwa mengonsumsi susu saat sahur sangat baik karena bisa membantu seseorang menjaga rasa kenyang lebih lama. Menurutnya, susu mudah diserap sehingga kebutuhan nutrisi dan kalsium harian tetap tercukupi secara kualitas dan kuantitas.

“Anda tidak perlu khawatir terkena osteoporosis bila tidak mengonsumsi susu saat puasa. Karena proses osteoporosis terjadi jika Anda tidak mengonsumsi susu atau kalsium sejak balita.

Agar susu dapat diserap secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi susu setelah sahur dan sesudah makan malam,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini