Siasat Atasi Anak Pemalu (II-Habis)

Gita Ramadian, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2012 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 27 196 669652 AHEZTzcrUb.jpg Anak pemalu (Foto:Corbis)

BERTEMU dengan orang maupun lingkungan baru tak selalu mudah bagi semua anak. Pada anak tipe pemalu, mereka lebih sulit berbaur dan mengatasi hal ini.

 

Apa yang anak Anda lakukan saat mengunjungi sebuah tempat baru? Apakah dia langsung berbaur dengan lingkungan setempat atau justru menggenggam tangan Anda erat-erat? Bila jawabannya ya, maka anak Anda ialah tipe pemalu.

 

Berikut ini beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti dilansir IVillage.

 

Persiapkan

 

Anda tentu mengetahui kapan anak akan menghadapi situasi di mana dia merasa tak nyaman. Misalnya, saat menghadiri acara keluarga besar. Sebelum pergi, bicara pada anak apa yang akan dia lakukan, dengan siapa dia akan bertemu, dan apa yang akan terjadi nanti. Dengan memberitahunya terlebih dahulu, dia akan lebih mempersiapkan diri menghadapi apa yang akan terjadi.

 

Bantu dia berteman

 

Berbaur dengan mudah tak selalu dapat dilakukan oleh semua orang. Jadi, tak ada salahnya bila Anda turut campur di dalamnya. Mulailah dengan perlahan, perkenalkan anak pada teman sebayanya. Bila mereka tampak nyaman bersama dan anak pun tampak baik-baik saja, ajak mereka untuk main ke rumah. Saat anak mulai terbiasa dengan kehadiran orang lain, dia juga akan lebih mudah saat hadir di tempat baru.

 

Jangan panggil dia pemalu

 

Sebagai orangtua, Anda tentu mengetahui karakter anak. Namun, jangan pernah memberinya label pemalu. Semakin sering Anda memanggilnya demikian, anak akan semakin merasa ada sesuatu yang salah pada dirinya. Padahal, tentu saja tidak. Menjadi pemalu bukanlah sebuah keburukan, melainkan bagian dari kepribadian seseorang. (ina)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini