Share

Menjajal Sesi Pengenalan Menyelam di Raja Ampat, Fun!

Fitri Yulianti, Jurnalis · Senin 30 Juli 2012 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 30 410 670733 OvyJ1GQTtA.jpg Sesi pengenalan menyelam kami di Pulau Waigeo nan cantik (Foto: dok. Adira)

MENYAKSIKAN kehidupan bawah laut yang luar biasa akan mungkin dengan menyelam. Namun bila belum memiliki sertifikat menyelam, jajal saja sesi pengenalannya.

Perlu waktu kunjungan beberapa kali saat Anda mengikuti kursus menyelam hingga akhirnya dinyatakan lulus dan berhak memiliki sertifikat. Dalam beberarapa sesi yang telah disusun, Anda akan dijelaskan tentang peralatan, hal-hal dasar menyelam, bahkan kesiapan mental agar tidak panik di bawah laut juga mengetahui jalan keluarnya. Waktunya bisa berbulan-bulan.

Kalau tidak sabar ingin melihat keindahan pesona bawah laut Raja Ampat, sesi pengenalan selam yang ditawarkan Waiwo Dive Resort pasti bisa menjadi jawaban. Waiwo Dive Resort terletak di Pulau Waigeo, jaraknya sekira 20 menit dari Waisai, Ibu Kota Raja Ampat.

Saya dan teman-teman dari Adira Beauty X-Pedition Jelajah Nusantara merasakan sesi pengenalan menyelam yang mengasyikkan ini. Adalah teman saya, Melinda asal Jakarta, yang berhasil mencatatkan rekor menyelam terdalam di antara kami. Di pengalaman pertamanya ini, dia berhasil menyelam hingga kedalaman delapan meter. Di sana, dia bahkan bisa bercengkerama dengan penyu.

“Awalnya sih panik. Sempat dua kali minta ke atas karena air masuk hidung, tapi terus dibantu guide-nya. Saya diajak terus ke bawah, nah pas di kedalaman delapan meter, dia menunjuk sesuatu yang saya kira batu, ternyata penyu. Kakinya keluar, lucu! Dan pas tepuk-tepuk dasar laut, banyak ikan keluar. Benar-benar fun!,” tuturnya.

Waiwo Dive Resort turut lestarikan alam Raja Ampat

Sesi pengenalan menyelam (intro dive) maupun paket menyelam tersebut menjadi fasilitas yang ditawarkan Waiwo Dive Resort yang terletak di Pulau Waigeo. Paket menyelam yang ditawarkan tergantung frekuensi yang diinginkan; untuk satu hingga empat kali menyelam biayanya Rp550 ribu per orang per sekali menyelam, sudah termasuk speed boat, peralatan, dan pemandu. Sementara untuk lima hingga delapan kali menyelam, biayanya Rp450 ribu per orang untuk sekali menyelam. Dan kalau hanya ingin snorkeling, biayanya Rp50 ribu sehari bisa sepuasnya. Tentu penyesalan seumur hidup, sudah ke Raja Ampat tapi tidak mengagumi kehidupan bawah lautnya.

“Waiwo sendiri punya 45 titik penyelaman,” kata Berto Rahawarin, Manajer Waiwo Dive Resort ketika ditemui di Raja Ampat, Papua Barat, baru-baru ini.

Untuk bisa menginap di salah satu penginapan miliki Warga Negara Indonesia (WNI) ini, tarif sewanya Rp450 per orang per malam, anak-anak mendapatkan potongan 50 persen, dan 10 persen untuk balita.

Bila musim teduh datang, fasilitas menyelam di resor ini akan dibanjiri wisatawan asal Prancis, Ceko, Swiss, Italia, dan lainnya. Tarif kamar untuk wisatawan mancanegara dibedakan menjadi Rp550 ribu per orang per malam. Semua harganya sudah termasuk tiga kali makan dan camilan.

“Ada juga yang khusus pasangan. Tarifnya sama, tapi kamarnya khusus,” imbuhnya.

Uniknya, penginapan yang dibuka sejak 2010 ini tidak memasang pendingin udara pada setiap kamarnya. Jalan masuk penginapan yang berupa pepohonan besar pun dibiarkan tumbuh. Alasannya demi kelestarian lingkungan.

“Kenapa harus begitu? Kita tidak mengejar keuntungan. Kita memertimbangkan bahwa anak cucu kita masih akan bisa menikmatinya. Kalau kota rusak, rusak saja lah, tapi di sini jangan,” tukasnya.

Waiwo Dive Resort menyediakan fasilitas penjemputan dari Pelabuhan Waisai dengan tarif Rp15 ribu per orang. Bila ingin menginap di sini, lebih baik lakukan reservasi setidaknya sebulan sebelumnya.

“Kami bisa sebut yang termurah, dengan fasilitas yang sama. Karena kami berpikir, Raja Ampat bukan punya orang asing, yang memasang harga dengan Euro. Kita pasang tarif ini supaya orang lokal bisa menikmati keindahan Raja Ampat,” ujarnya.

Bagaimana mencapai Pulau Waigeo?

Sebagai gerbang awal Raja Ampat, perjalanan dimulai dari ibu kotanya, yakni Waisai. Untuk mencapai Waisai, Anda bisa menumpang ferry dari Pelabuhan Usaha Mina di Sorong. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Waisai menuju Sorong tiap pukul 14.00 WIT dan sebaliknya pada pukul 16.00 WIT, dengan biaya Rp120 per orang. Anda juga bisa menyewa kapal cepat yang harganya cukup mahal, sekira Rp5-7 juta per hari. Dari Pelabuhan Waisai menuju Waiwo Dive Resor, waktu perjalanan sekira 20 menit dengan mobil. Nikmati keindahan alam Pulau Waigeo lewat foto-foto berikut.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini