Oki Wong Angkat Warisan Budaya lewat Batik Batak

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Minggu 12 Agustus 2012 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 12 29 676729 3rmIUtEMWh.jpg Oki Wong (Foto: Katon/Okezone)

BERANGKAT dari rasa nasionalismenya yang cukup tinggi, desainer Oki Wong tergelitik menghidupkan kembali kearifan lokal. Pasalnya, dirinya bercermin dari berbagai kasus klaim yang dilakukan oleh negara lain terhadap khazanah budaya Indonesia.

"Begitu orang luar lihat ada potensinya, dia bagusin, dia ambil, kita enggak sadar, sesuatu yang sebelumnya kita buang, orang lain ambil. Bercermin dari itu, ayo kita yang muda-muda ini memiliki rasa kepedulian terhadap warisan sendiri," tuturnya saat berbincang dengan Okezone dalam acara Indonesia Islamic Fashion Fair 2012 di Skenoo Hall, Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Agustus 2012.

Oki yang sebelumnya berhasil membawa kerajinan ulos batubara hingga ke tingkat internasional, kini mulai melirik batik untuk diterapkan dalam setiap rancangannya. Namun, batik yang diangkatnya bukanlah batik seperti yang masyarakat kenal pada umumnya.

"Sebagai putra daerah Sumatera Utara, generasi muda saya harus bangga dengan seni budaya lokal yang diwariskan sendiri. Kalau bukan kita yang meneruskan dan menghargai serta yang mengapresiasi, lalu siapa lagi," ucapnya.

Dijelaskan Oki, batik rancangannya secara keseluruhan dibuat di Medan dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Hal ini dilakukannya agar mereka juga ikut merasa bangga dengan warisan budaya tersebut.

"Semua batik dikerjakan di Medan, di mana saya banyak melibatkan kaum ibu. Saya juga ada misi di balik itu, yaitu pemberdayaan kaum perempuan, pemberdayaan kaum ibu, serta ke depan saya akan melibatkan anak-anak putus sekolah dan anak-anak jalanan," tambahnya.

Meski batiknya menggunakan motif budaya, hal ini tidak mengurangi kekhasan yang dihadirkan dalam rancangannya.

"Untuk motif, saya angkat ragam hias dari etnis Batak Toba, yaitu ragam hias yang disebut batik gorga. Gorga ini ada beberapa macam, salah satunya gorga elang yang juga saya pakai di rancangan saya," tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini