''Madagaskar'' Inspirasi Koleksi Muslim Oki Wong

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Minggu 12 Agustus 2012 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 12 29 676746 iG7emio7B5.jpg Oki Wong (Foto: Katon/Okezone)

KARAKTER yang riang dan unik dari tokoh di film "Madagaskar" mengilhami desainer Oki Wong untuk menuangkannya ke dalam koleksi busana muslim yang dipamerkan di Indonesian Islamic Fashion Fair (IIFF) 2012. Dengan mengusung tema "Sian Tano to Madagaskar", diharapkan rancangannya kali ini bisa diterima oleh semua masyarakat.

Oki memang terinspirasi dari film yang menceritakan para tokoh utamanya tidak pernah lupa dengan tanah asal mereka. Hal ini pun sejalan dengan apa yang selalu ditanamkan oleh desainer kelahiran Medan tersebut.

"Jadi mau sampai kemanapun pergi tetap jangan pernah melupakan akar warisan budaya kita," tutur Oki saat berbincang dengan Okezone dalam acara IIFF 2012 di Skenoo Hall, Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Agustus 2012.

Pada rancangannya kali ini, Oki tetap menampilkan batik yang memiliki motif-motif khas Batak. Dirinya juga yakin kalau para pecinta fesyen tetap bisa tampil dengan trendi, meski ada perpaduan unsur tradisionalnya.

"Saya ingin orang, terutama anak muda itu memakai sesuatu yang ada unsur budaya, heritage tapi tidak telihat kuno dan monoton. Tapi yang pasti harus orang yang bisa mengapresiasi budaya sendiri. Meski memakai pakaian tradisional, tapi tetap trendi karena baju ini look-nya global,"katanya.

Pada pergelaran tersebut, Oki menampilkan delapan koleksi rancangan yang dihadirkan dalam berbagai macam siluet.

"Siluetnya bermacam-macam ada siluet kepompong, A-line, H-line, ada yang berupa dress dan dipadukan dengan jaket pendek, ada blus dengan rok panjang, bahkan ada beberapa yang dipadukan dengan rok mini dan celana panjang," jelasnya.

Meski koleksinya mengutamakan konsep padu padan, namun dirinya tetap berprinsip untuk menghadirkannya sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Koleksi saya mengedepankan konsep padu padan, jadi buat hijaber ataupun yang non-hijaber juga bisa memakai. Tapi secara keseluruhan untuk baju muslim tentu mengikuti akidah syariah Islam, di mana baju itu tidak boleh menunjukkan lekuk tubuh atau aurat, tidak boleh transparan," terangnya.

Selain itu, tampilan kerudung juga sangat diperhatikan oleh Oki. Hal ini pun dibuktikannya dengan merancang kerudung yang mudah digunakan, namun masih bisa bergaya.

"Bentuk tutup kepalanya juga khas Afrika, namanya kerudung songkok, memakai bahan rajutan dan menggunakan perca-perca batik dengan ada bahan organdi,"  imbuhnya.

Sementara untuk warnanya sendiri, Oki banyak menghadirkan warna-warna fuschia, magenta, shocking pink, havana brown, radish brown serta merah hati.

Sedangkan untuk pemilihan bahan, pemilik label Oki Indonesiana tersebut banyak menggunakan sifon, taffeta, ima cotton, pure cotton, sandwash dan satin velvet.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini