Image

Buku Masjid-Masjid Kuno Eksplorasi Wisata Religi Indonesia

Mutya Hanifah, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2012, 12:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 08 16 408 678610 yYn8qNdlTq.jpg Salah satu masjid dalam buku Masjid-Masjid Kuno Indonesia (Foto: dok. Genta Kreasi Nusantara)

SELAIN kaya dengan pemandangan alam indah nan mempesona, Indonesia juga memiliki banyak objek wisata religi yang menarik dan sarat budaya. Inilah yang kemudian dirangkum dalam buku Masjid-Masjid Kuno di Indonesia.

Buku Masjid-Masjid Kuno di Indonesia ini dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Agama RI, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia dengan penerbit Genta Kreasi Nusantara. Buku ini sendiri ditulis dan disusun oleh Penulis dan Pemerhati Budaya Peninggalan Asti Kleinsteuber.

"Buku ini berisi dokumentasi dan penjelasan mengenai masjid-masjid kuno yang ada di Indonesia. Kami ingin memperlihatkan sisi Islami Indonesia yang kaya budaya dalam buku ini," tutur Asti saat peluncuran buku di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, belum lama ini.

Dalam buku Masjid-Masjid Kuno di Indonesia ini terdapat dokumentasi 71 masjid dari seluruh Indonesia. "Dengan bantuan Dewan Masjid Indonesia, Kementerian Agama, dan juga Kemenparekraf kami berkeliling ke seluruh Indonesia untuk melihat langsung masjid-masjid ini," jelas Asti.

Dari buku ini, menurut Asti, dapat dilihat bahwa meski agama Islam di Indonesia dibawa dari Timur Tengah, namun ternyata struktur bangunan masjid-masjidnya justru tidak banyak mengambil unsur dari sana. "Bisa dilihat bahwa masjid kita justru Indonesia sekali. Masjid-masjid kuno ini merupakan heritage bangsa yang sangat berharga," ceritanya.

Asti berharap buku ini dapat memperkenalkan masjid-masjid indah di seluruh Indonesia kepada masyarakat. Buku setebal 498 halaman ini terdiri dari dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini