Cuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit Remaja

K. Wahyu Utami, Jurnalis · Sabtu 01 September 2012 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 01 195 683622 I1KPdLuq7n.jpg Memencet jerawat (Foto: Corbis)

JERAWAT, komedo, dan kulit kering menjadi permasalahan utama dalam perkembangan kulit remaja. Biasanya, cara yang mereka lakukan dengan mencuci muka terlalu sering, di mana ini merupakan langkah yang salah.
 

Fluktuasi kadar hormon mendorong kulit untuk menghasilkan banyak sebum. Itulah minyak yang diproduksi secara alami untuk membuat kulit lembut dan mencegah kekeringan. Tapi, pada gilirannya hal itu memberikan kontribusi terhadap jerawat, komedo, dan kulit mengkilap.

 

Untuk membantu mengelola kulit remaja Anda, ada beberapa tip merawat kulit remaja dengan benar, seperti disarankan Allwomenstalk.

Jangan terlalu sering mencuci muka

Membersihkan kulit sangat penting, tapi jangan terlalu sering mencuci wajah. Wajah sebaiknya harus dicuci dua kali sehari. Lebih dari ini, Anda hanya akan mengupas kulit penting dalam sebum itu sendiri.

Gunakan produk yang tepat

Produk perawatan kulit untuk remaja harus dipilih dengan hati-hati. Gunakan produk yang cukup ringan, terutama jika kulit Anda sedikit sensitif. Ingat, tujuan Anda dalam perawatan kulit untuk menjaga kulit bersih dan tidak pernah kering.

Jangan disentuh

Cobalah untuk menghindari menyentuh atau memencet jerawat Anda, karena ini akan menyebabkan risiko penyebaran infeksi dan memar, serta merusak kulit halus wajah Anda. Sebaliknya, terapkan perawatan kulit yang berkualitas dan tidak meninggalkan bekas jerawat dengan baik.

Selalu bersihkan make-up Anda

Jika memakai concealer atau foundation di siang hari, Anda harus membersihkannya pada malam hari. Meninggalkan sisa make-up di wajah hanya akan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Dalam waktu singkat akan berkembang menjadi komedo dan jerawat. Dengan memiliki kebiasaan membersihkan muka setiap habis memakai make-up, akan memberikan kulit Anda kesempatan untuk “bernapas” sehingga membantu Anda menjaga kulit tetap bersih. (ina)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini