Ternyata, Unagi Bukan Berasal dari Belut!

Johan Sompotan, Jurnalis · Minggu 16 September 2012 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 15 299 690361 uQjjkGzvlw.jpg (Foto:penangprincess.blogspot)

SUKA menyantap sushi? Jika iya, Anda pasti tahu yang namanya unagi. Salah kaprah bila Anda menyebut unagi adalah makanan asal Jepang yang menggunakan bahan baku belut.

 

"Banyak yang bilang kalau unagi itu belut, padahal salah. Yang betul, adalah unagi itu adalah sidat," kata Chef Bobby Perdana Kusuma dari Sakura Resto kepada Okezone ketika ditemui di Sakura Resto, TB Simatupang, Jakarta, baru-baru ini.

 

Ditegaskannya, daging belut tidak bisa diolah mentah karena tekstur dagingnya lebih cocok untuk digoreng untuk kemudian dibumbui cabai hijau atau bumbu lainnya sesuai selera.

 

"Sidat memiliki daging yang lembut, untuk dijadikan unagi akan berbeda hasilnya. Saat dibakar, daging belut tidak menyerap saus, beda dengan sidat," bebernya.

 

Perbedaan mendasar antara belut dengan sidat juga bisa terlihat dari tempat hidup, anatomi tubuh, penganan, dan lainnya. Ini menjadikan keduanya berbeda pada tekstur daging juga kecocokannya untuk diolah pada menu tertentu. Chef Bobby menambahkan, belut sukar diolah menjadi unagi lantaran tidak bisa menyerap air.

 

"Untuk membuat sausnya, digunakan soyu, sake, mirin, dan tulang sidat. Caranya, kepala sidat dibelah kemudian dikeringkan sedangkan isi perut dibekukan, bisa dibuat sate,” tutupnya.

 

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini