Ingin Awet Muda? Jaga Keseimbangan Hormon Anda!

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2012 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 22 486 707310 GQX4ClN6kH.jpg Hormon dan penuaan (Foto: Corbis)

HORMON adalah unsur kimia yang menjaga fungsi tubuh Anda. Pengaruh hormon sangat penting untuk menjaga metabolisme, termasuk mempengaruhi timbulnya penuaan pada Anda.

 

Selain mengendalikan fungsi kekebalan tubuh dan reproduksi, hormon memainkan peranan utama untuk semua hal yang dilakukan fisik Anda. Hormon seperti rogesteron, testosteron, estrogen, dan kortisol berperan dalam penuaan. Jika salah satu keseimbangan hormon ini rusak, maka dapat mempengaruhi tubuh, pikiran, dan jiwa Anda secara serius. Ini juga merupakan tanda klasik dari penuaan, demikian yang dilansir Foxnews.

 

Hormon progesteron, misalnya. Hormon ini ada pada tubuh wanita dan pria. Umumnya fungsi utama hormon progesteron adalah mengatur siklus tidur, serta meningkatkan kekebalan tubuh dan otak. Ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan gejala klasik terkait penuaan, seperti kurang tidur, mood yang murung, dan pikiran yang tidak konsentrasi.

 

Pemeriksaan pada dokter akan membantu Anda mengetahui apakah hormon Anda seimbang atau tidak. Dengan begitu, dokter spesialis akan membantu untuk mengembalikan ketidakseimbangan hormon Anda dan gejala yang sering dikaitkan dengan penuaan.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini