Image

Benarkah Menyusui Bikin Payudara Kendur?

Ina Naulanifa, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2012, 10:30 WIB
https img.okeinfo.net content 2012 10 24 195 708432 vQ0Gb19AAb.jpg Ibu menyusui (Foto: Corbis)

SESAAT setelah melahirkan, ibu akan merasakan adanya cairan keluar dari kedua payudara. Ada yang menetes pelan, mengalir deras, ada pula yang muncrat. Agar payudara tidak terasa penuh oleh ASI, ibu harus menyusui si kecil. Lalu, adakah manfaat dari menyusui bagi ibu?

 

Payudara kecil maupun kecil ternyata sama-sama dapat menghasilkan banyak susu. ASI, selain bermanfaat untuk pertumbuhan bayi ternyata memiliki sejuta manfaat. Dengan menyusui, hubungan bathin antara ibu dan bayi pun semakin erat terjalin.

 

Beberapa mitos mengatakan bahwa menyusui akan membuat payudara ibui menjadi kendur. Namun kenyataannya, hal tersebut tidaklah benar. Karena itu, buang jauh-jauh pemikiran tersebut, demikian seperti yang dilansir dalam buku Big but Beauty, Cantik Usai Melahirkan terbitan Gerrmedia Pressindo.

 

Ahli bedah plastik dari University of Kentucky di Amerika Serikat, Dr Brian Rinker, melakukan penelitian pada pasien di HealthCare Cosmetic Surgery Associates, Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menyusui sama sekali tidak membuat payudara ibu menjadi kendur ataupun turun.

 

Yang benar adalah, payudara kendur disebabkan oelh bertambahnya usia dan kehamilan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memberikan ASI untuk si kecil, kan?

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini