Share

Rebon & Ebi Beda, Lho!

Genie, Genie · Senin 10 Desember 2012 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 10 304 729881 0OauzElXFf.jpg Udang rebon (Foto:honeylizious)

MESKI sama-sama berbentuk kecil dan berjenis sama, yaitu udang, rebon dan ebi sering kali menjadi identik. Nyatanya, dua jenis udang ini sangat jauh berbeda.

 

Berikut beberapa cara untuk mengetahui perbedaan antara rebon dan ebi:

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Udang rebon

Udang rebon adalah salah satu famili Penaeidae, fenus Penaeus. Kulitnya agak keras, tetapi tidak kaku. Tanda istimewanya adalah pada badan terdapat ban ungu-hitam dan pada masing-masing ruas terdapat dua ban. Warna tersebut jelas sekali terlihat pada udang yang masih hidup.

 

Kaki pada udang rebon umumnya berwarna merah, memiliki ukuran panjang badan mencapai 35 cm dan umumnya berukuran 20-25 cm. Nama Latin mysis sedangkan nama internasionalnya adalah trasi shrimp.

 

Rebon dibuat dari udang yang sangat kecil dan dikeringkan sehingga bentuknya mirip udang kecil segar. Hanya saja, dalam bentuk kuning kecokelatan dan kering. Rebon juga bisa dijadikan campuran tumisan sayur atau perkedel atau dibuat rempeyek dan sambal.

Ebi

Sementara, ebi dibuat dari udang yang dikeringkan yang ukurannya lebih besar dari rebon. Ebi, jika direndam dalam air panas, akan mengembang dan menjadi seperti udang segar. Ebi bisa dibuat menjadi sambal goreng, dipakai sebagai bumbu tumis, atau campuran kering kentang. Aromanya gurih harum, sama seperti aroma udang segar.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini