nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyeri Kista Menyerang, Segera Oleskan Minyak Jarak

Galih Setiono, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2013 15:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 01 01 484 739860 9hQt1UrgI7.jpg Nyeri kista menyerang (Foto: Boldsky)

FIBROID atau yang biasa kita kenal dengan kista memang sangat menyakitkan pada wanita. Namun, ada beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit fibroid. Apa sajakah itu?

Kista atau fibroid pada rahim menjadi masalah yang sangat umum pada wanita. Fibroid rahim terjadi ketika adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Gejalanya beragam seperti nyeri pada bagian punggung, sakit pada perut bagian bawah, sakit saat berhubungan seksual, hingga tidak teraturnya siklus menstruasi.

Pada dasarnya, fibroid tidak bersifat kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang dari 0,1 % dari fibroid bersifat ganas. Ada banyak pengobatan untuk mengobati fibroid seperti konsumsi obat-obatan medis, terapi fibroid, dan lainnya. Tetapi cara-cara berikut ini dianggap sangat efektif untuk pengobatan fibroid, terlebih dapat Anda lakukan di rumah, sebagaimana dilansir Boldsky.

Minyak castor

Minyak castor atau minyak jarak dianggap dapat mengurangi fibroid rahim. Gosokkan minyak castor pada perut bagian bawah. Setelah mengusapkan minyak pada bagian tersebut, kompres dengan handuk panas selama 30-60 menit. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari. Namun hati-hati, jangan gunakan minyak castor pada saat masa kehamilan.

Jauhi makanan non-organik

Bagi penderita fibroid, jauhilah makanan yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, seperti gula, kafein, kabohidrat olahan, dan kedelai. Asupan yang tepat dapat mengontol fibroid dalam tubuh. Asupan yang baik untuk dikonsumsi adalah brokoli, kembang kol, kecambah dan sayuran yang mengandung indole-3-carbinole. Makanan tersebut dinilai dapat membantu secara efektif metabolisme hormon estrogen.

Herbal

Pada umumnya, fibroid terjadi saat tingkat hormon estrogen yang tinggi. Ada beberapa makanan herbal yang dapat mengurangi fibroid, salah satunya adalah susu. Susu memiliki kemampuan potensial untuk membantu metabolisme hormon. Selain itu, akar poke dapat membantu Anda mengatasi gejala fibroid yang tidak nyaman.

Vitamin B dan Vitamin E

Vitamin B dinilai dapat mengurangi tingkat metabolisme hormon estrogen. Sedangkan vitamin E sangat efektif dalam menghilangkan rasa nyeri pada rahim. Tak hanya itu, vitamin E juga dapat membantu menormalkan tingkat estrogen dan mengatur perdarahan yang berlebih.

Akar liquorice

Akar liquorice memiliki kemampuan untuk memengaruhi kelenjar adrenal yang mengatur produksi hormon dalam tubuh. Selain itu, akar manis ini juga memiliki kekuatan untuk menghilangkan kista ovarium secara alami. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini