Agar Terhindar dari Osteoporosis

Galih Setiono, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2013 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 03 486 741107 mc7j8BpWec.jpg Saatnya cegah osteoporosis (Foto: Corbis)

PENYAKIT osteoporosis diprediksi peramal Baby Djenar akan mengalami kenaikan. Agar terhindar dari penyakit tersebut, Anda harus mengetahui cara terhindar dari penyakit tersebut. Bagaimana caranya?
 

Penyakit osteoporosis dapat menyerang siapa saja. Tak hanya wanita, pria pun dapat terkena penyakit ini. Untuk menghindari penyakit tersebut, penting bagi kita untuk menerapkan tindakan agar mencegah perkembangan kelainan tulang tersebut.

 

Menurut Dr. Miriam Stoppard, olahraga secara teratur sangat penting untuk pertumbuhan tulang di usia 50 tahun ke atas. Pasalnya, olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki postur, dan kekuatan tulang belakang.

 

“Orang yang berolahraga secara teratur, yaitu berjalan kaki dua kali sepekan memiliki tulang berdensitas lebih tinggi daripada yang berolahraga sekali sepekan dan lebih baik dari pada yang tidak berolahraga sama sekali,” ujarnya, sebagaimana dilansir melalui buku Panduan Kesehatan Keluarga.

 

Selain itu untuk usia muda, tambahnya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Misalnya saja produk susu, ikan bertulang, dan sayur berdaun hijau.

 

“Saya menyarankan bahwa cara agar terhindar dari penyakit osteoporosis, begitu menopause adalah memperoleh cukup hormon estrogen dan testosteron untuk mempertahankan massa tulang,” tambahnya.

 

Agar kita tidak terkena osteoporosis, usahakan periksa kesehatan tulang Anda ke dokter saat usia 50 tahun ke atas. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini