Share

Ada Takaran Ideal untuk Secangkir Kopi Nikmat

Dewi Yanti, Okezone · Jum'at 04 Januari 2013 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 04 304 741415 dwToSVIk1H.jpg (Foto: Shine)

MEMBUAT kopi tidak sekadar menyeduhnya. Untuk mendapatkan hasil kopi sempurna, ternyata proses pembelian, penyimpanan, dan penakaran mempengaruhi kenikmatan kopi yang Anda seduh.

Untuk membuat secangkir kopi nikmat, Anda hanya membutuhkan beberapa alat sederhana dan tahu teknik dasar menyeduh kopi. Keuntungannya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk menikmati kopi di kedai kopi mewah atau membeli coffee maker dan alat penggiling biji kopi yang harganya cukup mahal.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Apa saja yang Anda butuhkan? Berikut ini, seperti diulas Shine:

Baca label

Mungkin Anda termasuk seseorang yang membeli kopi tanpa pertimbangan kandungan atau campuran kopi instan. Hanya karena ada tulisan Italia, "espresso blend", Anda langsung mengira ini yang terbaik dan menaruhnya di keranjang belanja. Ini sebuah kesalahan karena Anda tidak tahu bagaimana seninya memilih kopi.

Menurut Matthew Marks, pemilik Forty Weight Coffee Roasters di Brooklyn, Amerika Serikat, sebaiknya baca tulisan di label kemasan kopi. Hanya karena tulisan Italia tersebut, bukan berarti kopi tersebut yang terbaik. Juga ketika kemasan biji kopi diberi label "fair trade" atau "locally roasted", tidak berarti biji kopi telah diseleksi untuk mendapatkan yang paling berkualitas dan telah diteliti melalui proses pemanggangan.

Sekarang, banyak perusahaan membuat kopi yang telah dicampur dengan bahan lain dan bisa jadi Anda tidak tahu bahan campurannya. Dengan adanya spesifikasi informasi kandungan kopi, Anda akan tahu bahwa kopi tersebut berkualitas tinggi.

Jangan simpan biji kopi di freezer

Mark menyarankan untuk kopi disimpan di dalam wadah kedap udara dibandingkan menyimpannya di kulkas. Letakkan di lemari dapur yang tidak terkena sinar matahari langsung dan pastikan posisinya tidak dekat dengan kulkas. Baik freezer maupun lemari pendingin dapat memberikan kelembapan pada biji kopi dan mengubah rasanya.

Takaran kopi bukan dikira-kira

Marks setuju bahwa untuk membuat kopi, Anda harus menimbang bahan-bahan campuran kopi. Untuk meracik 6 ons kopi seduh, Anda membutuhkan 11,25 gram kopi bubuk (setara 2 sendok makan) dan 3/4 cangkir air. Ini merupakan standar minimal dalam industri pembuatan kopi.

"Jika Anda menggunakan kopi bubuk terlalu banyak sementara airnya relatif standar, rasanya akan pahit dan over-extracted," jelas Marks. Sebaliknya, jika Anda menggunakan sedikit kopi bubuk, maka hasilnya hambar dan tidak nikmat.

Proses penggilingan pun mempengaruhi rasa dan aroma kopi. Jika Anda masih merasa kopi tersebut kurang beraroma, cobalah giling dengan pengaturan "finer setting" sedangkan jika terlalu kuat dan pahit, maka atur ke "coarser setting".

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini