Trik Hadapi Anak untuk Kembali ke Sekolah

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2013 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 05 196 741900 I6wt6HvT1z.jpg Liburan bersama buah hati (Foto: Google)

SETELAH berlibur, tentunya si kecil harus kembali bersekolah. Namun, ada juga beberapa dari mereka yang malas untuk kembali beraktifitas.

Lantas bagaimana orangtua harus menghadapinya? Menurut Psikolog Fredrick Dermawan Purba, ada beberapa cara menarik yang bisa dilakukan oleh mereka dalam membujuk si buah hati agar kembali menjalani harinya di sekolah.

 

“Sebaiknya memang sudah dipersiapkan dari seminggu sebelumnya, ajak anak untuk menyiapkan pelajarannya. Kalau mau beli tas baru juga bisa,” Ujarnya saat dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Sabtu (05/01/2013).

 

“Bisa juga mulai disediakan bacaan untuk menstimulasi otaknya, nonton atau main game juga, karena ini terbukti membuat anak bisa berpikir,” imbuhnya.

 

Selain itu, peranan komunikasi yang cukup intensif juga penting dilakukan oleh orangtua terhadap anak. Meski begitu, pria yang juga dosen muda di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung ini menuturkan jika orangtua tidak boleh memaksa si kecil terpaku pada pelajaran yang ada di sekolah.

 

“Pastinya orangtua harus berkomunikasi dengan anak, misalkan kalau kesulitan bangun itu juga mulai dilatih, harus bergradasi, enggak boleh mendadak. Karena anaknya justru akan kaget,” imbuhnya.

 

“Tapi jangan memaksanya, karena belajar itu bisa melalui apa saja,” tutupnya.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini