Melihat si Leher Panjang di Pedalaman Thailand

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 21 Januari 2013 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 19 544 748836 SwLk01xEDt.jpg Perempuan Desa Padaung Karen yang patuh pada tradisi (Foto: cnngo)

MENJELAJAHI pedalaman thailand dengan tacking tidak hanya dapat menikmati pemandangan pegunungan, hutan, atau air terjun yang indah-indah. Anda juga dapat mengenal lebih dekat suku-suku pedalaman Thailand, dan kehidupan tradisional dan sederhana yang membawa keunikan tersendiri.

Salah satu suku yang menarik di Thailand adalah Suku Karen. Suku Karen terkenal dengan lehernya yang panjang, melebihi panjang leher manusia normal lainnya. Kok bisa?

Kaum wanita suku ini mengenakan banyak kalung di lehernya, hingga membuat leher mereka panjang, sebagai tanda kecantikan. Jadi, semakin panjang lehernya, semakin cantik wanita tersebut.

Suku Karen adalah suku yang memiliki jumlah anggota suku terbesar di Thailand. Dengan jumlah 28 ribu orang, suku Karen dikelilingi pegunungan dan dataran tinggi di bagian utara, dan tengah Thailand.

Rumah mereka terbuat dari bambu dan berbentuk panggung di mana bagian bawah dari panggung digunakan untuk tempat tinggal hewan-hewan ternak.  Wanita suku Karen adalah penenun terbaik se-Thailand, sementara kaum lelakinya lebih fokus dalam pertanian.

Dulu, suku Karen adalah penganut Animisme, namun kini sebagian penduduk mereka telah beragama kristen. Suku yang sangat menghormati tetua desa dan leluhurnya ini juga terkenal sangat kooperatif serta menjalin kehidupan yang damai dengan suku-suku lainnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini