Rahasia Panjang Umur dari Berbagai Negara

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2013 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 31 195 754786 TrwkFEyirO.jpg Panjang usia (Foto: Google)

MEMILIKI usia yang panjang menjadi keinginan banyak orang. Untuk mewujudkannya, serangkaian pola hidup sehat pun perlu dikedepankan.

Ada banyak cara untuk membuat hidup Anda senantiasa sehat dan panjang umur. Anda tentu perlu menabungnya sejak dini, yakni dengan membiasakan gaya hidup sehat dalam keseharian. Berikut ini beberapa tip dari berbagai negara yang bisa dijadikan referensi.

Jepang

Wilayah Okinawa dikenal memiliki populasi centenarians (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) yang tertinggi di dunia. Selain itu, tingkat kematian akibat kanker payudara, kanker ovarium, atau kanker usus besar juga rendah. Begitu pula dengan tingkat penderita demensia dan penyakit jantung.

Di Okinawa, penduduknya selalu melakukan hara hachi bu atau makan sampai 80% penuh. Gaya hidup spiritual yang mencakup doa dan meditasi tampaknya juga berperan mengurangi penyakit stres. Tingkat kanker yang rendah diyakini disebabkan oleh diet tinggi serat nabati dari padi, kedelai, sayuran hijau, sayuran laut, buah, ikan kaya lemak omega-3, dan hanya mengonsumsi sedikit susu dan daging.

Selain itu, dukungan sosial yang kuat, ikatan keluarga, dan nilai-nilai kehidupan yang masih dipertahankan dipandang sanggup menurunkan stres, mencegahan penyakit, dan menjadikan umur panjang.

Mediterania

Diet ala Mediterania telah lama digembar-gemborkan dapat membuat hidup lebih lama dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, kanker, Parkinson, dan Alzheimer. Penduduk di kawasan ini selalu mengonsumsi lemak baik (minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan), protein tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan, dan minum anggur secukupnya. Dan tentu saja mengontrol jumlah yang diasup, seperti dilansir Health. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini