nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mi Ramen Toyama, Makin Hitam Makin Sedap

Dewi Yanti, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2013 13:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 02 08 488 758808 955lXRL7gB.jpg Spicy Black Ramen (Foto:Dewi/Okezone)

LEBIH dari 60.000 jenis mi ramen dijual di berbagai daerah di Jepang. Salah satu yang sangat terkenal adalah mi ramen dari daerah Shinetsu (Niigata) dan sekitarnya, yaitu ramen toyama dengan kuah hitam.

Dalam food tasting yang diadakan oleh Dapur Iron Chef, Restoran Menya Iroha memperkenalkan menu khususya, yaitu Spicy Black Ramen. Ciri khas dari Toyama Prefektur tersaji dalam kuah kental perpaduan rasa kecap asin dan shoyu atau lebih dikenal soy sauce.

“Khasnya, kuah kaldu mi ramen ini berwarna hitam. Bahan baku yang digunakan yaitu shoyu dimasak selama berjam-jam hingga warnanya hitam,” kata Kiyoshi Kurihara, pemilik Restoran Ramen Iroha, di Plaza Senayan, baru-baru ini.

Menu ini semakin istimewa karena resep yang digunakan merupakan hasil kolaborasi sang pemilik yang telah empat kali memenangkan Tokyo Ramen Show di Jepang dengan jawara Iron Chef khusus masakan Cina, Iron Chef Chen. Hasilnya, kuah terasa pedas gurih dan sedikit asin dengan tekstur mi kenyal.

“Jadi, ini merupakan kombinasi budaya kuliner Jepang dan China, menggunakan saus szechuan khas masakan China dipadu dengan shoyu sehingga rasa kuahnya agak pedas dan dalam,” tambahnya.

Satu mangkok mi ramen terdiri dari mi ramen, tauge, potongan ayam yang telah di orak-arik, dan ubur-ubur yang sangat kenyal. Mi dan kuah yang digunakan dibuat dengan resep khusus dari Kurihara. Beberapa bahan dan bumbu didatangkan langsung dari Jepang.

Di Jepang sendiri, menurut pengakuan Kurihara, mi ramen ini tercipta secara otodidak saat dirinya ingin membuka usaha setelah berhenti menjadi pegawai swasta. Dari ketidaksengajaan memasak kuah kaldu mi terlalu lama hingga berwarna hitam, tercipta mi ramen dengan rasa yang lezat dan ternyata banyak rekannya yang menyukai.

Dia menambahkan, di restoran miliknya, kuah ramen ini dimasak dengan api sedang selama berpuluh-puluh tahun tanpa api dimatikan. Saat ini, usia kuah lebih dari 20 tahun, bila kuah mulai berkurang, kuah baru tinggal ditambahkan ke dalam kuah kaldu yang lama.

Menu ini bisa Anda temukan mulai 9-25 Februari 2013 di gerai Menya Iroha, Dapur Iron Chef, Food Gallery, Plaza Senayan, Jakarta. Berbagai menu Jepang lainnya yang sudah akrab di telinga hingga yang masih baru terdengar bisa Anda temui dari lima restoran asal Jepang yang berpartisipasi dalam Dapur Iron Chef hingga 31 Maret mendatang.

(ftr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini