Share

Saat Diving, "Lihat Boleh, Pegang Jangan!"

Mutya Hanifah, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2013 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 13 407 761054 tAGpO9bS3p.jpg Riyanni Djangkaru (Foto: Fitri/Okezone)

JAKARTA - Diving menerupakan satu cara untuk kita bisa melihat keindahan bawah laut Indonesia yang sudah terkenal hingga penjuru dunia. Namun, jangan bertindak sembrono saat diving!

Sebagai pencinta diving, mantan presenter “Jejak Petualang” Riyanni Djangkaru, mengungkapkan hal-hal penting yang patut diketahui wisatawan sebelum mulai menyelami keindahan laut. Salah satunya tidak boleh sembarangan memegang makhluk hidup di dalam laut.

"Kalau diving, jangan sentuh terumbu karang ataupun ikan yang lewat. Itu mengganggu mereka!," kata Riyanni saat wawancara eksklusif bersama Okezone di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, banyak penyelam tidak tahu aturan tersebut. Yang ada, mereka malah memegang ikan dan terumbu karang untuk diabadikan dalam jepretan foto.

"Kita kan tidak tahu, di badan ikan itu mungkin ada lendir atau zat untuk mengenali sesamanya, yang karena kita pegang akhirnya jadi rusak. Atau, memegang terumbu karang yang ternyata kalau disentuh manusia jadi mengeluarkan zat tertentu," jelasnya panjang lebar.

"Kembali ke kita juga, deh, coba kalau kita lagi tidur terus ada yang colek-colek, pasti marah kan? Begitu juga ikan di laut. Jadi, lihat boleh, pegang jangan!," tegasnya. 

Selama diving, tak jarang Riyanni bertemu dengan penyelam-penyelam lain yang juga menyentuh ikan atau memegang terumbu karang dengan seenaknya. Ia pun tak tinggal diam bila melihat hal tersebut.

"Kalau kenal, paling aku colek balik saja," tukasnya sambil tertawa.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini