nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meningitis Sebabkan Gangguan Fisik hingga Kematian

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2013 20:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 02 19 482 764312 4xcJIMATMs.jpg Cepat lelah, salah satu gejala meningitis (Foto: Google)

ISTRI dari Anang Hermansyah, Ashanty tengah terbaring di rumah sakit akibat serangan meningitis. Penyakit yang disebabkan oleh adanya virus, kuman atau bakteri yang masuk ke dalam otak ini dapat sangat berbahaya bahkan menyebabkan kematian.

Suatu peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang, meningitis menyebabkan perubahan pada cairan cerebrospinal, yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Infeksi bakteri, jamur dan virus dapat menyebabkan meningitis. Dalam kasus yang parah dari meningitis, dapat mengancam jiwa, demikian yang dilansir Livestrong.

Peradangan dari meningitis dapat menyebabkan perubahan serius pada otak pasien. Sebagai contoh, pasien dapat mengalami kebingungan, di mana mereka memiliki masalah untuk berpikir jernih dan membuat keputusan. Pasien mungkin memiliki masalah berkonsentrasi, yang dapat membuat sulit untuk mengingat informasi baru. Mereka juga mungkin mengalami penurunan kesadaran atau menjadi mengantuk. Infeksi yang terus memengaruhi otak pasien dapat membuat kerusakan otak di mana mereka bisa kehilangan fungsi otak yang penting.

Efek lain yang disebabkan oleh meningitis adalah, pasien juga mengalami gangguan pendengaran, penglihatan atau kesulitan bicara dengan adanya kerusakan otak akibat meningitis. Perubahan dalam cairan serebrospinal dapat menyebabkan beberapa pasien untuk mengembangkan hidrosefalus, di mana cairan menumpuk di otak dan menempatkan tekanan pada tengkorak. Kejang dapat terjadi sebagai akibat dari perubahan otak. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini