nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penderita Radang Selaput Otak Dihantui Risiko Lumpuh

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2013 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 02 21 482 765468 ZglJ8G35pi.jpg Alami kelumpuhan (Foto: Google)

JANGAN anggap enteng penyakit radang selaput otak. Penyakit yang saat ini tengah diderita penyanyi cantik Ashanty ini, bisa memicu komplikasi pada tubuh dan menyebabkan kematian.

 

Ada dua penyebab utama dari radang selaput otak, infeksi dan non-infeksi. Dan keduanya sama-sama bisa mengakibatkan kematian apabila tidak segera ditangani.

 

“Radang selaput otak yang disebabkan oleh infeksi kuman atau bakteri bisa ditangani dengan memberikan obat seperti antibiotik dan obat lainnya, yang agak sulit adalah penanganan radang yang disebabkan oleh jamur. Inilah mengapa penting untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa diberikan penanganan yang sesuai,” ungkap dr. Firman Hendrik, Sps, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, kepada Okezone melalui telepon, baru-baru ini.

 

Radang selaput otak juga bisa disebabkan oleh sinus, sakit gigi yang parah, TBC, kanker, atau penggunaan obat tertentu. “Baik radang yang disebabkan oleh infeksi maupun non infeksi, keduanya sama-sama berbahaya,” ujar dr. Firman.

 

Dr. Firman juga menambahkan, radang otak bisa menyebabkan adanya komplikasi pada tubuh akibat adanya infeksi pada otak. “Karena ada infeksi, bisa timbul tekanan pada otak, selaput dan otak terserang, bisa menyebabkan kejang, lumpuh dan hilang kesadaran. Bahkan pada beberapa kasus, bisa menyebabkan hydrocephalus,” tutur dr. Firman. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini