nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Meningitis, Bumil Wajib Screening

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2013 18:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 02 21 482 765479 AgI8SYHPox.jpg Bumil waspada meningitis (Foto: Foxnews)

INFEKSI yang menyebabkan radang selaput otak bisa menyerang siapa saja. Termasuk bayi baru lahir. Meskipun kasusnya tidak banyak, namun para ibu hamil perlu tetap waspada dan melakukan pemeriksaan pada dokter.

 

Radang selaput otak ternyata juga bisa menyerang bayi yang baru lahir. Umumnya, infeksi dari bakteri, kuman , virus atau jamur ini dibawa dalam tubuh sang ibu. “Penting bagi ibu yang merencanakan kehamilan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan terlebih dahulu, ini dilakukan untuk mencegah adanya infeksi kuman atau virus yang bisa menyebabkan bayi mengalami radang selaput otak,” ungkap dr. Firman Hendrik, Sps, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, kepada Okezone melalui telepon, baru-baru ini.

 

Meskipun kasus bayi baru lahir yang terkena radang selaput otak masih cukup jarang, tetapi akan berbahaya bagi bayi Anda. Mengingat sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna, maka penyakit ini bisa berakibat fatal.

 

“Sebagai pencegahan, para ibu yang merencanakan kehamilan perlu melakukan screening, vaksinasi atau pemeriksaan lain seperti TORCH atau rubella,” tegas dr. Firman. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini