nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik-Trik Membeli Nanas Matang Sempurna

Dewi Yanti, Jurnalis · Senin 25 Februari 2013 16:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 02 25 304 767267 C4TV0ivDPZ.jpg (Foto:Wikihow)

APAKAH Anda tahu kapan nanas telah matang? Jika salah memilah, bisa jadi nanas cepat busuk atau tidak matang. Ada cara sederhana untuk mendapatkan nanas yang pas matangnya.

Berikut beberapa trik sederhana untuk membantu Anda dalam memilih nanas yang tepat, seperti diulas Wikihow:

Kesegaran dan kerusakan

Perhatikan dua elemen kunci dari nanas yang matang, yaitu kesegaran dan kerusakan. Yang Anda cari adalah nanas segar, bukan yang busuk. Batang adalah bagian nanas yang awalnya terasa manis yang akan diteruskan ke buah. Dari bagian inilah nanas berubah warna.

Perhatikan warnanya

Nanas matang dan masih segar berwarna kuning keemasan. Minimal warna ini terlihat pada mata pada bagian dasar buah. Jangan pernah membeli nanas yang sepenuhnya berwarna hijau karena itu berarti proses pematangan tidak akan baik. Semakin cerah warna nanas, maka rasanya semakin manis.

Perhatikan juga, beberapa nanas dianggap matang bila warnanya hijau. Kata-kata ini sering untuk mempromosikan nanas agar dibeli sehingga Anda harus mencobanya langsung untuk mengetahui kebenaran rasanya.

Ciumi aromanya

Jika nanas berbau manis, maka bisa dikatakan telah matang. Jika tidak memiliki aroma, itu berarti nanas belum matang. Jika baunya seperti bau fermentasi, tanda nanas terlalu matang.

Sentuh dengan lembut

Saat nanas ditekan dengan lembut, teksturnya harus kencang dan hanya agak sedikit lembek. Jika teksturnya lembek atau seperti spons, maka jangan dibeli.

Jangan langsung percaya mitos!

Sebagian orang percaya bahwa nanas matang ketika daunnya dapat dibuang dari mahkota dengan mudah. Cara ini tidak membuktikan kematangan nanas. Jika daun mudah lepas, jelas berarti nanas tersebut busuk. Dan juga,  jika Anda mengambil nanas yang terjatuh dari tanamannya, itu menandakan nanas tidak baik karena bagian dalamnya telah lembek, rasanya akan asam dan tidak enak.

Jauhi nanas yang buruk

Nanas busuk warnanya kemerahan atau mungkin juga malah hijau. Aromanya tercium seolah-olah berbau fermentasi, seperti cuka. Teksturnya lembek serta kulitnya terlihat keriput. Indikasi jelas lainnya yaitu terlihat jamur, air nanas yang lengket menetes, terdapat retakan di kulit dan daun berubah warna menjadi coklat serta terlepas. Hindari pula membeli nanas yang memilki memar, terlihat layu, dan daunnya kecoklatan.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini