Puan Maharani Ingin Desainer Muda Lebih Kreatif

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2013 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 20 29 779042 9fbOua9um7.jpg Puan Maharani (Foto: Dede/Okezone)

INDUSTRI fesyen Tanah Air memang menunjukkan perkembangan yang positif. Namun, tetap saja masih banyak yang harus dilakukan untuk kemajuan di masa mendatang.
 

Hal ini pun juga turut dibenarkan oleh Puan Maharani. Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan para pelaku kreatif tersebut untuk menonjolkan karya mereka.

 

“Kita kurang bisa memunculkan satu kreativitas baru dalam hal yang berkaitan dengan potensi budaya Indonesia,” katanya pada Okezone di Butik Amy Atmanto, bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Maret 2013.

 

Puan mencontohkan pada saat satu kain menjadi tren, maka tak sedikit pula yang mengikutinya. Sehingga pada akhirnya, sang desainer pun tak memiliki ciri khas yang pasti.

 

“Karya perancang yang baru muncul ini sepertinya tidak punya ciri khas. Misalnya, begitu tren songket bali, semuanya akan membuat songket bali. Padahal, kita kan punya songket yang lain, ada songket asal Padang atau Sulawesi,” terangnya.

 

Menurut politisi muda ini, dengan kekayaan yang beragam, harusnya semua bisa menjadi tren. Untuk itu, putri dari mantan Presiden Megawati itu juga berharap bahwa desainer Indonesia harus lebih kreatif dan melihat potensi lain yang ada.

 

“Semua ciri khas dari Indonesia itu bisa diberdayakan asal kreativitas itu benar dan dijaga kualitasnya,” imbuhnya.

 

“Itu mungkin yang harus digali kembali oleh teman-teman desainer, apalagi khususnya yang muda,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini