Ide Menu Masak Bareng Anak Sesuai Usianya

Dewi Yanti, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2013 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 25 304 781241 renzSxkhIy.jpg (Foto:Sheknows)

APAKAH Anda termasuk ibu yang sering memasak dengan anak-anak? Ketika ia tumbuh semakin besar, akan terasa semakin menyenangkan memasak bersamanya. Perhatikan menu yang akan dibuat sesuai dengan usia anak.

Memasak bersama merupakan cara yang bagus untuk mengembangkan dan memperluas ilmu matematika, sains, dan keterampilan membaca pemahaman. Memasak juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan anak-anak dengan budaya baru melalui masakan tradisional dan internasional.

Berikut ide masakan yang bisa anak Anda ketika di dapur sesuai usianya, seperti Ehow:

Usia balita

Pada usia ini, anak-anak senang mengukur, mencampur, dan menggiling atau membentuk adonan. Bekerja di dapur dengan anak-anak merupakan cara yang tepat untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

Anda bisa meminta si kecil untuk mencampur adonan kue atau menggiling adonan pizza. Lakukan dengan mempraktekkan resep sederhana untuk pengajaran pertama kali di dapur, seperti mencampur bahan-bahan jus buah. Atau yang lebih sederhana, mintalah Anak untuk mengukur takaran jus buah dan menuangkan ke dalam cetakan jika Anda ingin membuat es lollipop rasa buah-buahan.

Usia pra-sekolah

Buatlah resep makanan atau minuman tanpa menggunakan api. Anda bisa mengajarkan anak cara membuat smoothie, dressing salad, salad buah, dan roti sandwich.

Usia sekolah

Pada usia ini, anak-anak dapat diberikan tanggung jawab yang lebih di dapur. Anda dapat bekerja di dapur yang mengandalkan keterampilan mengggunakan pisau dan beberapa teknik memasak yang lebih jauh.

Sediakan buku resep di sekitar anak saat Anda akan memasak bersamanya, mulailah resep dengan teknik sederhana. Minta anak Anda membaca resep untuk Anda dan mengukur sendiri bahan yang akan digunakan.

Remaja

Jika Anda telah mengajarkan anak-anak memasak sejak mereka kecil, maka pada saat mereka remaja mereka harus sepenuhnya mampu menyiapkan makanan sendiri. Anak seharusnya sudah bisa memasak resep yang lebih maju, menerapakan teknik memasak, dan mengetahui lebih jauh masakan tradisional maupun internasional.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini