12 Bulan Tak Punya Anak, Segera Cek Kesehatan

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2013 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 26 482 781687 wTV7HNsseA.jpg Cek kesehatan pasangan (Foto: Google)

BANYAK pasangan menikah mungkin merasa khawatir jika belum memiliki keturunan. Isu infertilitas atau pasangan yang tidak subur menjadi masalah kesehatan seksual yang cukup mengganggu.

 

Ada banyak pasangan menikah yang mungkin belum dikaruniai keturunan. Di seluruh dunia, ada sekira 80 juta pasangan yang mengalami infertilitas. Agar mendapat penanganan yang baik, Anda harus mengetahui gejala adanya gangguan kesehatan seksual sejak dini.

 

“Masa kehamilan memang membutuhkan waktu, normalnya pasangan yang sudah menikah bisa mengalami masa menunggu kehamilan selama 12 hingga 24 bulan,” jelas Dr. Indra C Anwar, SpOG, dokter kandungan dan kebidanan dari RS Gading Pluit dan RSIA Bunda, pada sebuah acara PERFITRI dan Merck Konsisten Lanjutkan Edukasi Infertilitas dan Bayi Tabung, di Menara Peninsula Hotel, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

 

Masa tunggu kehamilan ini juga bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan kesehatan seksual. Hal ini bisa menjadi tanda untuk pasangan yang belum memiliki momongan untuk segera melakukan pemeriksaan.

 

“Masa tunggu 12 hingga 24 bulan ini memang normal. Namun juga bisa menjadi sebuah pertanda adanya gangguan kesehatan seksual pada pasangan tersebut. Jika dalam waktu 12 bulan belum ada tanda kehamilan, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Baik istri maupun suami, keduanya wajib melakukan pemeriksaan,” tambah Dr. Indra.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini