Wanita Ngebet Hamil, Hindari Tubuh Obesitas

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2013 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 26 483 781793 IzWTTtIeP2.jpg Jaga berat badan (Foto: Google)

PENTINGNYA menjaga berat badan, khususnya pada wanita ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan seksualnya. Wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas, memiliki risiko menghadapi kondisi kesulitan memiliki anak atau infertil.

 

Salah satu faktor yang membuat pasangan kesulitan mendapatkan keturunan adalah indeks massa tubuh atau berat badan. Sebaiknya pasangan yang ingin segera memiliki anak, khususnya wanita, dapat menjaga berat badannya tetap ideal.

 

Banyak efek samping yang bisa mempengaruhi kesehatan seksual Anda akibat berat badan berlebih. Misalnya, Anda menjadi lebih sulit untuk hamil, mempengaruhi  fungsi ovarium, juga meningkatkan komplikasi penyakit selama masa kehamilan seperti diabetes,” tutur Dr. Budi Wiweko SpOG (K), Sekjen PERFITRI (Perkumpulan Fertilitasi in Vitro Indonesia), dalam acara bertema PERFITRI dan Merck Konsisten Lanjutkan Edukasi Infertilitas dan Bayi Tabung, Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

 

Namun, tidak hanya mereka yang mengalami berat badan berlebih sehingga menghadapi kondisi kesehatan reproduksi yang tidak baik. Mereka dengan berat badan rendah juga mengalami hal serupa.

 

“Penting untuk menjaga berat badan ideal Anda tetap stabil. Jangan terlalu gemuk atau terlalu kurus. Keduanya sama-sama tidak sehat dan dapat menghambat kemampuan Anda untuk memiliki anak,” tambahnya.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini