Tunda Kehamilan, Turunkan Kesempatan Punya Anak

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2013 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 26 483 781827 jVcLeHZ7My.jpg Usia pengaruhi kesuburan (Foto: Google)

BANYAK pasangan yang menunda untuk memiliki momongan. Padahal, semakin bertambahnya usia, maka risiko memiliki keturunan akan semakin kecil dan berisiko bagi kesehatan Anda.

 

Jika Anda termasuk pasangan yang ingin menunda memiliki anak, ada baiknya mempertimbangkan untuk tidak terlalu lama menunda memiliki anak. Karena makin bertambah usia Anda, maka akan banyak risiko yang mungkin terjadi saat Anda ingin menjalankan program kehamilan.

 

“Umur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan dan kehamilan. Umur dapat menyebabkan penurunan jumlah kualitas sel telur dan memicu adanya kelainan yang mencegah pembuahan normal,” ungkap Dr. Indra C Anwar, SpOG, dokter kandungan dan kebidanan dari RS Gading Pluit dan RSIA Bunda, pada sebuah acara bertema PERFITRI dan Merck Konsisten Lanjutkan Edukasi Infertilitas dan Bayi Tabung, Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

 

Faktor usia juga akan menurunkan tingkat kesuburan Anda. “Peluang hamil untuk mereka yang sudah berusia 30 tahun adalah 20 persen, sementara mereka yang berusia 40 tahun, hanya memiliki peluang sebesar lima persen. Inilah alasan penting untuk tidak menunda momongan hingga usia Anda terus bertambah,” ungkap Dr. Indra.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini