Siklus Haid Tak Teratur, Waspada Infertilitas

Niken Anggun Nurani, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2013 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 26 485 781823 XfrSjioqhd.jpg Nyeri haid (Foto: Google)

SALAH satu penyebab infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita adalah menstruasi yang tidak teratur. Jika tidak dilakukan pemeriksaan, siklus yang tidak teratur ini bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk mendapatkan anak.

 

Banyak wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Beberapa bahkan mengalami rasa sakit yang luar biasa saat periode menstruasi datang. Kondisi ini harus segera ditangani, karena dapat mempengaruhi kesuburan Anda di masa depan.

 

“Wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur, seperti periode haid dalam beberapa bulan sekali, masa menstruasi atau haid singkat, hanya dua hari, dan sering timbul rasa sakit yang mengganggu selama menstruasi, harus memeriksakan dirinya segera. Ini terkait dengan adanya risiko untuk mengalami infertilitas,” jelas Dr. Budi Wiweko SpOG (K), Sekjen PERFITRI (Perkumpulan Fertilitasi in Vitro Indonesia), dalam acara bertema PERFITRI dan Merck Konsisten Lanjutkan Edukasi Infertilitas dan Bayi Tabung, Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

 

Siklus menstruasi yang tidak teratur ini tentu menjadi suatu masalah yang harus diperhatikan bagi setiap wanita. “Penting bagi wanita untuk mencatat setiap masa menstruasinya, interval dari siklus menstruasi setiap bulan, lama waktu menstruasi, atau rasa sakit yang ditimbulkan. Mencatat riwayat siklus menstruasi ini akan membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin terjadi akibat siklus menstruasi yang tidak teratur,” tutur Dr. Budi.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini