Beda Keyakinan, Kevin & Elma Harus Paham Konsekuensi

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2013 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 27 197 782332 gUGTZHCQQY.jpg Pacaran beda keyakinan, Elma& Kevin(Foto:Galuh/Okezone)

KERETAKAN hubungan asmara Kevin Aprilio dan Elma 'Princess' memang sedang santer menyeruak. Keduanya dikabarkan putus karena perbedaan agama.

Namun di mata psikolog Dermawan Purba, hal itu tentunya sangat wajar. Pasalnya, pacaran memang menjadi masa-masa perkenalan dan memahami satu sama lain.

"Gunanya pacaran itu untuk belajar tentang lawan jenis, mengenal pribadi masing-masing," kata Frederick Dermawan Purba, Psikolog dan Dosen Universitas Padjajaran, Bandung saat dihubungi Okezone, Rabu (27/03/2013).

Di luar itu, sebenarnya perbedaan agama memang sudah lama menjadi isu yang sensitif di masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tak jarang pasangan beda agama akhirnya harus memilih untuk menyudahi hubungan tersebut.

"Di masyarakat kita ini sudah mengakar. Ada agama yang harus diperhatikan, kalau ujungnya beda agama yah tidak boleh," imbuhnya.

Meski begitu, pemilik akun Twitter @bangjeki tersebut juga mengatakan ada beberapa hal yang harus dimengerti oleh pasangan beda agama. Tentunya ini juga menjadi konsekuensi menjalani hubungan tersebut.

"Ada dua faktor yang harus dipahami, pertama dari diri sendiri dan faktor orang sekitar seperti keluarga yang justru membuat itu (agama) bermasalah," tutupnya. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini